Blog

Jenis Sendi yang Menghubungkan Tulang Lengan Atas, Tulang Hasta, dan Tulang Pengumpil

Antara Tulang Lengan Atas, Tulang Hasta, dan Tulang Pengumpil Dihubungkan oleh Sendi? – Pada setiap manusia, tulang-tulang yang ada akan dihubungkan oleh sendi. Bisa dikatakan, ada lebih dari 206 jenis tulang yang saling terhubung secara satu sama lain. Tanpa adanya sendi, maka tulang-tulang tersebut akan mengambang pada otot. Bahkan, kita sendiri pun akan sulit menggerakkan anggota badan kita.

Contohnya saja ada di dalam tulang lengan atas, tulang hasta, dan juga tulang pengumpil. Dengan adanya sendi, maka kita bisa menggerakkan tangan hingga bisa membawa benda apapun. Nah, kira-kira apa saja jenis sendi yang menghubungkan tulang lengan atas, tulang hasta, dan tulang pengumpil? Berikut ulasannya.

Antara Tulang Lengan Atas, Tulang Hasta, dan Tulang Pengumpil Dihubungkan oleh Sendi?

Jawabannya adalah sendi engsel dan sendi peluru.

Jenis sendi pertama yang menghubungkan tulang lengan atas, tulang hasta, dan tulang pengumpil adalah sendi engsel. Sesuai dengan namanya, sendi engsel dapat menggerakkan tulang hanya dalam satu gerakan saja. Contohnya adalah gerakan maju-mundur atau depan-belakang saja.

Sendi berikutnya yang menghubungkan tulang lengan atas, tulang hasta, dan tulang pengumpil adalah sendi peluru. Jenis sendi yang satu ini bisa membuat antar tulang bergerak ke segala arah. Hal itu dikarenakan pada sendi peluru memiliki lekukan sehingga porosnya bisa bergerak pada segala arah. Contoh paling mudah bisa kamu lihat pada bahu dan pinggul.

Mengenal Fungsi Sendi Engsel

Di dalam sendi engsel terdapat berbagai komponen penyusun. Dengan begitu, fungsi pada sendi engsel tidak akan terpisahkan antara satu dan lainnya. Beberapa komponen penyusun sendi engsel adalah sebagai berikut:

  • Kapsul sendi. Di dalam kapsul sendi terdapat satu selaput yang bernama fibrosa padat.
  • Sebuah lapisan yang tersusun dari berbagai jaringan penghubung dengan banyak pembuluh darah.
  • Sinovium. Sebuah zat yang membentuk kantung dan juga melapisi sendi sampai menyeluruh. Selain itu, sinovium juga dapat membungkus tendon-tendon sehingga melintasi berbagai sendi.
  • Sebuah lapisan bursa yang merupakan komponen terakhir pada sendi engsel. Dengan adanya lapisan bursa ini, maka sinovium bisa dibentuk.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sendi engsel ini memiliki gerakan layaknya sebuah pintu. Dengan begitu, pada tangan bisa melakukan gerakan dua arah dengan sangat mudah. Selain pada tulang lengan atas, tulang hasta, dan tulang pengumpil, sendi engsel ini juga terdapat pada siku, dan juga bagian lutut.

Mengenal Masalah yang Sering Terjadi pada Sendi Peluru

Dikarenakan sendi peluru ini memiliki gerakan yang bisa ke segala arah, tidak mengherankan jika jenis sendi satu ini cukup sering terkena masalah. Beberapa masalah yang bisa terjadi adalah sebagai berikut.

  • Radang sendi

Masalah yang pertama adalah radang sendi. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan pada persendian. Tanda-tanda kamu bisa terkena radang sendi adalah adanya rasa kaku pada bagian sendi. Dengan begitu, persendian bisa jadi sangat sulit digerakan, bahkan penderitanya pun bisa merasakan sakit.

  • Nyeri sendi

Untuk penyakit yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Rasa tidak nyaman pada bagian sendi ini cukup sering dialami pada bagian sendi peluru. Pemicunya sendiri masih berhubungan dengan radang sendi di poin sebelumnya. Khususnya radang pada bagian bantalan sendi.

  • Osteoarthritis

Penyakit osteoarthritis sering dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut. Biasanya, penyakit ini bisa terjadi karena faktor penuaan tubuh. Salah satu ciri yang mudah terlihat adalah terjadinya kerapuhan tulang.

  • Rheumatoid arthritis

Terakhir adalah penyakit rheumatoid arthritis yang merupakan penyakit autoimun yang memicu kelainan pada bagian lapisan sendi. Hal tersebut memberikan efek buruk pada sendi, khususnya sendi peluru.

Demikian beberapa jenis sendi yang menghubungkan tulang lengan atas, tulang hasta, dan tulang pengumpil. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout