Blog

menu buka puasa irit

9 Daftar Menu Buka Puasa Irit dan Lezat

Perlu trik tersendiri untuk menyajikan menu buka puasa di tanggal tua. Salah satunya dengan memilih berbagai ide menu buka puasa yang bisa dicoba di rumah. Apa saja menu buka puasa yang irit, namun tetap lezat?

Anda tidak perlu khawatir kehabisan ide menu buka puasa yang sederhana dan menggugah selera. Ada banyak menu lezat khas nusantara yang bisa diolah dengan bahan-bahan yang terjangkau. Berikut beberapa menu buka puasa irit dan lezat yang Bisa Anda coba:

1. Telur dadar Padang

Barbagai menu lezat dan sederhana bisa diolah dengan telur. Salah satunya telur dadar khas Padang. Dibandingkan dengan telur dadar biasa, telur dadar khas Padang memiliki bentuk yang lebih tebal dan dibuat dengan bahan dasar bumbu merah, sehingga rasanya lebih nikmat.

2. Tumis kangkung ebi

Ingin menu buka puasa yang irit dan kaya gizi? Anda bisa mencoba tumis kangkung ebi. Selain irit, menu yang satu ini juga kaya akan gizi dan mudah diolah. Tumis kangkung ebi dibuat dengan bahan utama, yaitu seikat kangkung yang ditambahkan ebi atau teri asin yang membuat rasanya semakin gurih.

3. Terung balado

Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, terung balado adalah menu buka puasa yang disarankan. Rasanya yang pedas tidak terlalu menyiksa, sehingga tidak membuat perut Anda sakit. Selain itu, harganya juga murah dan bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar tradisional.

4. Kembung goreng tauco

Ingin menikmati ikan laut yang murat dan lezat? Kembung goreng tauco bisa menjadi pilihan. Meski harganya murah, ikan kembung memiliki tekstur daging yang tidak kalah empuk dibandingkan ikan laut lainnya. Selain itu, ikan kembung juga bisa diolah menjadi berbagai menu sesuai selera Anda.

5. Telur bumbu khas Bali

Olahan telur untuk menu buka puasa lainnya adalah telur bumbu khas Bali. Selain murah, Anda juga bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah, seperti cabai rawit merah, cabai merah besar, cabai keriting, bawang merah, dan bawang putih. Dijamin akan menggugah selera Anda.

6. Dadar jagung

Selain murah dan bergizi, dadar jagung juga bisa diolah sebagai menu buka puasa yang menggugah selera. Teksturnya yang renyah di luar dan empuk di dalam membuatnya sangat cocok menjadi camilan takjil atau lauk pelengkap makanan berat.

7. Nasi pecel

Menu buka puasa irit dan lezat lainnya adalah nasi pecel. Selain praktis dan murah, menu ini juga bergizi karena dibuat dengan sayuran, seperti kangkung, kacang panjang, dan taoge. Menu ini cocok disajikan untuk seluruh keluarga. 

8. Bihun goreng telur

Bihun goreng juga bisa dijadikan sebagai menu buka puasa irit yang lezat. Meski diolah secara sederhana, namun menu ini terkenal rasanya lebih nikmat dibandingkan mie instan biasa. Agar lebih istimewa, Anda bisa menambahkan topping sayuran, daging, atau telur dadar.

9. Sayur bening

Menu buka puasa irit yang terakhir adalah sayur bening. Sebagai menu khas Indonesia, sayur bening banyak disajikan sebagai pilihan menu berbuka. Selain rasanya menyegarkan, sayur bening juga bisa membuat perut lebih nyaman setelah berbuka puasa dan bergizi, karena bisa juga ditambahkan sayuran, seperti wortel, jika Anda suka.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout