Blog

Sayuran yang Mengandung Vitamin C

6 Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Lezat dan Bergizi

Berbicara tentang vitamin C, buah-buahan bukanlah satu-satunya sumber alami nutrisi tersebut. Beragam sayuran yang mengandung vitamin C menjadi buktinya. Rutin mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan virus atau bakteri penyebab infeksi.

Anda ingin memasukkan sayuran yang mengandung vitamin C dalam pola makan sehari-hari? Kenali terlebih dahulu berbagai sayuran dengan kandungan tersebut. Berikut 6 di antaranya.

Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Vitamin C atau yang dikenal sebagai asam askorbat berperan besar dalam perkembangan dan pertumbuhan setiap jaringan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu rutin mengonsumsi beragam sayuran yang mengandung vitamin C berikut. 

  1. Brokoli

Sebagai salah satu sayuran yang mengandung vitamin C tinggi, brokoli dapat mencukupi asupan vitamin C harian Anda. Dalam satu cangkir brokoli, mengandung 51 miligram vitamin C yang artinya kebutuhan tubuh akan vitamin C sudah terpenuhi setengahnya. Penelitian menemukan bahwa kandungan vitamin C dalam brokoli dapat menurunkan kadar stres oksidatif, meningkatkan sistem imun tubuh, serta mencegah kanker dan jantung.

  1. Kale

Kale juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Dengan mengonsumsi kale, Anda dapat memenuhi asupan vitamin C harian. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya konsumsi kale mentah, yang mengandung 80 miligram vitamin C. Kadar vitamin C dalam kale yang sudah matang akan mengalami penurunan, yaitu 53 miligram. 

  1. Cabai

Anda pencinta makanan pedas? Ada kabar gembira. Cabai yang merupakan bumbu masakan berbagai hidangan khas Indonesia termasuk sayuran yang mengandung vitamin C. Dalam satu cabai hijau, mengandung 109 miligram vitamin C, sedangkan dalam satu cabai merah, mengandung 65 miligram vitamin C.

  1. Paprika Kuning

Ingin mendapatkan manfaat vitamin C dari paprika kuning secara efektif? Konsumsi sayuran ini dalam keadaan matang. Paprika kuning yang matang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak matang. Dalam satu cangkir paprika kuning atau 75 gram, mengandung 137 miligram vitamin C.

  1. Peterseli (Parsley)

Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap steak, peterseli ternyata juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C. Sayuran yang memiliki harum khas ini mengandung 10 miligram vitamin C dalam setiap dua sendok makannya atau 8 gram.

  1. Bayam Jepang

Bayam jepang yang juga dikenal sebagai bayam mustard ini merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin C. Dalam satu cangkir bayam jepang, mengandung 195 miligram vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Namun, perlu diingat, kadar vitamin C dalam bayam jepang akan menurun, menjadi 117 miligram, jika dimasak. 

Asupan Vitamin C yang Dianjurkan

Asupan vitamin C harian setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan agar konsumsi vitamin C tidak berlebihan, karena akan berdampak negatif pada kesehatan. Berikut asupan vitamin C yang dianjurkan berdasarkan usia dan jenis kelamin.

  1. Perempuan (19 tahun ke atas): 75 miligram
  2. Laki-laki: 90 miligram
  3. Ibu hamil (19 tahun ke atas): 85 miligram
  4. Ibu menyusui (19 tahun ke atas): 120 miligram

Dengan mengenali kebutuhan vitamin C harian berdasarkan usia dan jenis kelamin, maka Anda dapat mengetahui asupan vitamin C harian dengan tepat. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko akibat kelebihan vitamin C di dalam tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout