Blog

manfaat pepaya

6 Manfaat Pepaya yang Perlu Anda Ketahui

Banyak orang yang beranggapan bahwa manfaat pepaya paling besar terletak pada buahnya. Namun, manfaat pepaya untuk kesehatan ternyata tidak hanya dari buahnya, melainkan juga daunnya. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang tinggi, salah satunya mempercepat peningkatan trombosit bagi Anda yang terkena demam dengue. 

Tingginya manfaat pepaya untuk kesehatan, menjadikannya salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi selama pandemi. Berikut 6 kebaikan pepaya yang penting untuk Anda ketahui.

1. Mencegah Gangguan Penglihatan

Kandungan karotenoid dan zeaxanthin dalam pepaya sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi jaringan pada mata, melawan radikal bebas, memberikan efek antioksidan, dan mengurangi peradangan. Manfaat ini dapat melindungi mata dari blue light rays yang berbahaya bagi mata. Sehingga, dapat mencegah radiasi yang dapat merusak mata dan menjaga mata Anda tetap tajam dan jernih.

2. Melawan peradangan

Kolin adalah kandungan dalam pepaya yang berkhasiat untuk mencegah peradangan kronis yang dapat terjadi pada tubuh. Manfaat kolin juga penting untuk sistem saraf, fungsi otak, metabolisme, hingga pengangkutan lemak. Tidak hanya itu, kandungan ini juga penting untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang mengonsumsi kolin, selama dan setelah hamil, akan berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan otak bayi.

3. Mencegah penyakit jantung

Risiko terkena penyakit jantung dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi pepaya. Kandungan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang tinggi dalam pepaya berkhasiat untuk menurunkan risiko serangan jantung, melindungi jantung, dan membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik). Hal ini dibuktikan melalui uji coba yang dilakukan oleh peneliti di Preventive Medicine kepada peserta yang mengonsumsi suplemen pepaya. Hasilnya, peserta yang mengonsumsi suplemen pepaya mengalami peningkatan HDL dibandingkan pasien yang tidak mengonsumsi suplemen pepaya.

4. Menjaga kesehatan rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, dianjurkan untuk mengonsumsi pepaya yang mengandung vitamin A dan C. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menutrisi rambut, membantu pertumbuhan sel-sel rambut, dan mengurangi ketombe. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Indian Journal of Pharmaceutical Sciences yang menemukan bahwa sifat antijamur pada biji pepaya berkhasiat untuk mencegah ketombe.

5. Mencegah asma

Kandungan beta karoten yang tinggi dalam pepaya ternyata bermanfaat untuk mencegah asma. Senyawa yang memiliki sifat anti-peradangan ini dapat memperlebar rongga paru-paru yang membantu melegakan pernapasan, serta membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi paru-paru akibat radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko asma. Bagi pengidap asma, dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya setidaknya sekali dalam sehari.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, tubuh membutuhkan asupan vitamin K dan potasium yang cukup. Manfaat ini dapat Anda temukan dengan mengonsumsi pepaya yang kaya akan keduanya. Selain menjaga kekuatan dan kepadatan tulang, Vitamin K memiliki beberapa khasiat lainnya, antara lain membantu mempercepat penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium, sehingga dapat memperkuat tulang. Sedangkan potasium berkhasiat untuk mencegah proses osteoporosis dan menghambat proses pemecahan tulang (resorpsi). Manfaat ini sangat penting, terutama bagi lansia yang memiliki risiko osteoporosis lebih besar, sehingga dengan dihambatnya resorpsi akan mempertahankan kekuatan tulang. 

Anda memiliki pengalaman hidup sehat dengan mengonsumsi pepaya? Yuk, share di kolom komentar!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout