Blog

manfaaat kacang panjang

6 Manfaat Kacang Panjang yang Penting untuk Tubuh

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer di Indonesia. Hampir setiap keluarga di Indonesia menjadikan kacang panjang sebagai menu makanannya karena mudah didapatkan dan dapat diolah sesuai selera. Manfaat kacang panjang juga penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut USDA National Nutrient Database, kacang panjang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin C, folat, riboflavin, thiamin, mangan, fosfor, zat besi, tembaga, kalsium, kalium, selenium, zinc, dan senyawa antioksidan, seperti polifenol. Dengan kandungan yang kaya nutrisi tersebut, berikut 7 manfaat kacang panjang yang penting bagi tubuh.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian menemukan adanya hubungan aktivitas antihiperglikemik pada ekstrak kacang panjang dengan penurunan pada kadar gula darah. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan dalam kacang panjang dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang mengidap diabetes. Meski penelitian tersebut masih sebatas pada hewan, namun diduga kacang panjang termasuk sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

2. Meredakan Nyeri

Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa kandungan dalam kacang panjang berfungsi dalam memberikan efek analgesik atau mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Fungsi ini membuat kacang panjang dipercaya mampu menyembuhkan nyeri pada tubuh, seperti nyeri haid. Tidak hanya itu, kacang panjang juga mengandung mangan yang berkhasiat dalam membantu mengurangi gejala dismenore dan meningkatkan suasana hati.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Mengonsumsi kacang panjang secara rutin dapat mencegah risiko kanker sejak dini. Hal ini dikarenakan kacang panjang memiliki kandungan folat yang berfungsi untuk membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit lainnya, seperti gangguan fungsi otak dan paru-paru. Penelitian bahkan menemukan seseorang yang rutin mengonsumsi kacang panjang sebanyak 900 gram efektif dalam menurunkan risiko terkena kanker hingga 30 persen. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang panjang dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dimungkinkan karena kacang panjang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit dan melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, kacang panjang juga mengandung vitamin K yang berfungsi untuk membantu mencegah pelebaran pembuluh darah, yang memicu penyakit pembuluh darah dan gagal jantung.

5. Menambah Darah

Zat besi merupakan salah satu mineral yang berkontribusi dalam proses pembentukan hemoglobin di sel darah merah. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat dan mengirim oksigen ke seluruh tubuh agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Zat besi juga diperlukan untuk meningkatkan perkembangan sel darah merah dalam tubuh dan mencegah anemia. Untuk memenuhi asupan zat besi yang cukup, rutinlah mengonsumsi kacang panjang yang kaya akan zat besi dan beberapa mineral lainnya, yang berfungsi untuk menambah darah dalam tubuh.

Meningkatkan Stamina

Manfaat kacang panjang lainnya adalah meningkatkan stamina tubuh. Tubuh membutuhkan lebih banyak asupan oksigen saat melakukan berbagai aktivitas fisik yang berat, seperti berolahraga. Dengan rutin mengonsumsi kacang panjang yang berfungsi untuk meningkatkan pembentukan sel darah merah dan melancarkan peredaran darah, stamina tubuh akan tetap terjaga saat berolahraga.

Itulah 6 manfaat penting kacang panjang untuk kesehatan tubuh. Yuk, jaga kesehatan diri dan keluarga dengan menjadikan kacang panjang sebagai menu sehari-hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout