Blog

manfaat cengkeh

6 Manfaat Cengkeh yang Ampuh untuk Kesehatan

Jika mendengar kata cengkeh, satu hal yang langsung muncul dalam benak kita adalah bahan pembuatan rokok. Hal ini tidak salah, namun tidak sepenuhnya benar. Selain sebagai bahan pembuatan rokok, cengkeh ternyata juga kerap digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan dan pembuatan bahan minuman. Bahkan, sejak berabad-abad lalu, manfaat cengkeh telah menjadikannya sebagai pengobatan tradisional, seperti aromaterapi dan obat pereda sakit gigi.

Cengkeh kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam 2 gram cengkeh, terkandung energi sebesar 1 gram karbohidrat, 21 kalori, dan 1 gram serat. Cengkeh juga mengandung kalsium, kalium, mangan, natrium, magnesium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Berikut 6 manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Sakit Gigi

Dalam cengkeh terkandung senyawa menakjubkan yang disebut eugenol. Senyawa ini dikenal berkhasiat untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi dan gusi. Hal ini didukung melalui beberapa penelitian yang menemukan bahwa senyawa eugenol efektif untuk mengatasi peradangan, infeksi, dan rasa sakit. Selain itu, cengkeh juga mengandung efek antioksidan, antikuman, dan antijamur, yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit.

2. Membantu Mengobati Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka pada lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori atau konsumsi obat pereda nyeri yang berlebihan. Mengonsumsi makanan asam atau pedas, serta stres dapat memicu timbulnya tukak lambung. Cengkeh memiliki kandungan ajaib yang dapat mengatasi masalah kesehatan tersebut. Menurut penelitian, kandungan minyak esensial dalam cengkeh berkhasiat untuk meningkatkan produksi lendir lambung. Lendir lambung berfungsi untuk menghambat asam lambung, sehingga mencegah timbulnya luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Adanya kandungan senyawa eugenol dalam cengkeh dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan, sehingga membantu meningkatkan kesehatan organ hati. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam cengkeh juga berfungsi untuk membantu mencegah penyakit hati dengan cara mengurangi stres oksidatif. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada tikus yang diberikan penyakit hati berlemak dengan campuran minyak cengkeh. Hasilnya, kedua campuran tersebut mampu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan pada tikus.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Senyawa eugenol dalam cengkeh memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, pengeroposan tulang yang menyebabkan osteoporosis. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa senyawa eugenol dalam cengkeh efektif untuk meningkatkan dan mempertahankan kepadatan tulang. Manfaat cengkeh untuk kesehatan tulang juga semakin lengkap dengan adanya kandungan mangan yang berkhasiat dalam membantu proses pembentukan tulang.

5. Memiliki Efek Pereda Nyeri

Sejak berabad-abad lalu, cengkeh telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian pada beberapa individu yang mengonsumsi cengkeh secara rutin. Melalui penelitian tersebut, diketahui bahwa kandungan senyawa kimia di dalam cengkeh dapat memberi efek antiradang, anti-inflamasi, anti nyeri, dan mencegah kerusakan sel saraf pada individu yang rutin mengonsumsi cengkeh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda, ternyata cengkeh dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, bagian kuncup bunga kering pada cengkeh mengandung senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk melawan berbagai infeksi dari virus, bakteri, jamur, dan penyebab penyakit lain. Selain itu, kandungan dalam cengkeh juga bermanfaat dalam membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout