Blog

Manfaat Alpukat

6 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan: Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Selain rasanya lezat dan diminati oleh semua kalangan, manfaat alpukat sejak lama memang dipercaya untuk menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan alpukat kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, serat, protein, lemak tak jenuh tunggal, kalium, magnesium, lutein, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Kandungan nutrisi yang lengkap sekaligus rasa yang nikmat memang menjadi kelebihan dari alpukat. Nah, apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan? Berikut 6 di antaranya.

1. Meningkatkan Kolesterol Baik

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berkhasiat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga kaya akan sterol tumbuhan, yaitu senyawa yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghalangi penyerapannya ke dalam aliran darah. Selain itu, berbagai kandungan alpukat, seperti vitamin E, vitamin C, magnesium, folat, seng, dan potasium, juga sangat baik untuk menjaga kolesterol tetap stabil.

2. Menjaga Pola Hidup Sehat

Penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat. Penelitian tersebut juga mengungkapkan, orang yang mengonsumsi alpukat pada umumnya memiliki pola hidup sehat, seperti diet rendah gula, serta rutin makan sayuran dan buah. Hal ini berdampak positif pada indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan kestabilan berat badan. Selain itu, rutin mengonsumsi alpukat juga baik untuk sistem metabolisme tubuh, sehingga mencegah risiko penyakit diabetes.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung 

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat mampu menurunkan risiko penyakit jantung yang lebih baik dibandingkan hanya sekadar menurunkan kadar lemak. Dengan mengonsumsi alpukat secara rutin, efektif dalam mencegah sindrom metabolik, yang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga Kesehatan Rambut 

Manfaat yang satu ini mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang. Namun, ternyata alpukat memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan rambut, sekaligus memperkuat rambut Anda. Caranya, campurkan alpukat dengan jojoba oil, kemudian aplikasikan ke seluruh bagian rambut yang baru dicuci secara merata, tutup kepala dengan shower cap selama 15-30 menit, bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan khasiat alpukat secara optimal, lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali.

5. Mencegah Kanker 

Menjadikan alpukat sebagai menu sehat harian Anda efektif dalam mencegah kanker sejak dini. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan dalam alpukat dipercaya dapat membantu mencegah kanker. Kandungan dalam alpukat tersebut bekerja dengan cara mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Menurut penelitian tersebut, ekstrak alpukat bahkan terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. 

6. Membantu Menurunkan Berat Badan 

Kabar gembira bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Rutin mengonsumsi alpukat ternyata dapat mengenyangkan lebih lama dan membantu Anda dalam mengonsumsi sedikit kalori, sekaligus tetap menjaga pola makan sehat. Selain itu, alpukat mengandung serat yang tinggi dan karbohidrat yang rendah, sehingga sangat membantu Anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout