Blog

makanan yang mengandung vitamin b12

6 Makanan yang Mengandung Vitamin B12, Cegah Beragam Penyakit

Vitamin B12 memiliki beberapa peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Asupan vitamin B12 diperlukan untuk menjaga kesehatan saraf dan membantu dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 agar asupan vitamin B12 harian terpenuhi.

Perlu diingat, asupan vitamin B12 harian yang harus dipenuhi setiap orang ditentukan berdasarkan usianya. Anak usia 1-8 tahun membutuhkan sekitar 0,9-1,2 mcg vitamin B12 per hari, sedangkan remaja dan dewasa membutuhkan sekitar 2,4 mcg per hari. Berikut beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin A yang perlu untuk Anda konsumsi:

Ikan Salmon

Dengan rasa yang lezat dan nutrisi lengkap, ikan salmon adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin B12. Dalam 85 gram salmon, mengandung sekitar 5 mcg vitamin B12. Selain itu, ikan salmon kaya akan protein, asam lemak omega-3, serta vitamin D. Untuk mendapatkan manfaat ikan salmon secara optimal, sebaiknya salmon dimasak dengan cara dipanggang.

Daging Sapi

Daging sapi bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi asupan vitamin B12 harian. Dalam 85 gram daging sapi, mengandung sekitar 1,3 mcg vitamin B12. Selain itu, daging sapi mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 (riboflavin) yang bermanfaat untuk mengurangi gejala sindrom premenstruasi. Namun, hindari mengonsumsi daging sapi secara berlebihan karena daging merah mengandung kolesterol yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Susu

Makanan yang mengandung vitamin B12 berikutnya adalah susu. Dalam 1 gelas susu rendah lemak, mengandung 1 mcg vitamin B12. Selain itu, susu juga mengandung vitamin D dan kalsium yang juga dapat mengurangi gejala sindrom premenstruasi. Ingin mengonsumsi susu dengan lebih nikmat? Coba olah menjadi smoothie dan tambahkan almond, jahe, buah beku, dan kayu manis.

Yogurt

Minuman yang satu ini dikenal sebagai minuman probiotik yang baik untuk pencernaan. Namun, yogurt juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Dalam 225 gram yogurt rendah lemak, mengandung 1 mcg vitamin B12. Selain itu, yogurt juga mengandung kalsium, protein, dan magnesium, yang dapat membantu mencegah diabetes dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat yogurt dengan lebih optimal, sebaiknya konsumsi yogurt rendah lemak.

Telur

Telur juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan vitamin B12 harian. Dalam 1 butir telur rebus yang besar, mengandung 0,5 mcg vitamin B12. Selain vitamin B12, telur juga mengandung protein dan vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Meski memiliki gizi lengkap, namun hindari mengonsumsi telur secara berlebihan, terutama bagian kuning telur, karena memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Daging Ayam

Dalam 85 gram dada ayam panggang, mengandung 0,3 mcg vitamin B12. Selain itu, kandungan protein dalam daging ayam juga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memenuhi asupan vitamin B12 melalui produk makanan nabati, seperti tempe, jamur, dan rumput laut.

Penuhi asupan vitamin B12 harian Anda dengan mengonsumsi 6 makanan di atas. Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan berisiko mengalami kelelahan, kesemutan, gangguan pada sistem saraf, anemia, penglihatan kabur, depresi, bahkan demensia. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menerapkan pola makan vegetarian, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan asupan vitamin B12 yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout