Blog

cara mengobati sakit gigi secara alami

6 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Sakit gigi biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Beberapa gejala sakit gigi juga termasuk bengkak di sekitar gigi yang terinfeksi, demam, pusing, dan rasa dan bau busuk dari gigi yang terinfeksi. Jika tidak ditangani segera, penyakit yang satu ini akan membuat aktivitas Anda terganggu. Untuk mengatasinya,

Berikut beberapa cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah:

1. Daun sirih 

Daun sirih sejak lama telah digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi secara alami. Hal ini dikarenakan daun sirih berfungsi sebagai penguat gigi, menghilangkan bau mulut, menghentikan perdarahan pada gusi, dan juga sebagai antiseptik alami. Caranya adalah dengan mengunyah daun sirih atau merebusnya, kemudian airnya digunakan sebagai obat kumur.

2. Garam 

Cara mengobati sakit gigi secara alami berikutnya adalah garam. Garam dapat berfungsi sebagai antiseptik alami bagi kesehatan mulut dan kandungan sodium di dalamnya dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya, campurkan dua sendok makan garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga larut dan gunakan sebagai obat kumur. Selain itu, jangan lupa untuk menyikat gigi terlebih dahulu sebelum menggunakan larutan ini.

3. Bawang merah 

Bawang merah juga sejak lama dikenal sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sifat antimkroba dan antiseptik pada bawang merah yang berfungsi untuk mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Caranya, kunyah bawang merah selama beberapa menit di sisi mulut yang terasa nyeri. Jika Anda tidak bisa mengunyahnya, Anda bisa mengiris bawang merah kecil-kecil, lalu letakkan irisan tersebut pada daerah yang sakit.

4. Minyak cengkeh

Cara mengobati sakit gigi secara alami lainnya adalah cengkeh. Beberapa penelitian menemukan manfaat cengkeh untuk meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan etanol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri, yang bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, campurkan setetes minyak cengkeh dengan satu sendok minyak zaitun, lalu aplikasikan ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas, kemudian gigit agar tetap menempel di gigi yang sakit. Anda bisa membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat atau apotek. 

5. Cuka  

Demikian halnya dengan bawang merah, cuka juga mengandung antimikroba dan antibakteri, sehingga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi secara alami. Caranya, Anda bisa berkumur dengan cuka selama 30 detik. Namun, jika Anda tidak kuat dengan rasa asam pada cuka, Anda bisa menggunakan kapas dan tempelkan kapas tersebut pada bagian gigi yang sakit. Setelah itu, sikat gigi Anda seperti biasa.

6. Bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Caranya, sediakan satu siung bawang putih, kemudian kupas terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Setelah itu, tempatkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout