Blog

cara mengobati anyang anyangan

6 Cara Mengobati Anyang-Anyangan Secara Alami

Anyang-anyangan merupakan gangguan kesehatan berupa munculnya perih atau nyeri saat buang air kecil atau setelahnya. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang bermasalah pada saluran kemih. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati anyang-anyangan yang mudah dilakukan di rumah.

Gejala berupa anyang-anyangan juga bisa muncul karena beberapa penyakit, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, radang prostat, serta infeksi kandung kemih. Kondisi ini membuat penderitanya sering bolak-balik buang air kecil, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk meredakannya, berikut 6 cara mengobati anyang-anyangan:

1. Hindari menahan buang air kecil

Meski terasa sakit, sebaiknya hindari menahan buang air kecil saat ada dorongan untuk buang air kecil. Hal ini dikarenakan menahan buang air kecil justru akan membuat bakteri lebih mudah berkembang biak dan membuat kondisi anyang-anyangan semakin memburuk. Dengan tidak menahan buang air kecil, bakteri pada saluran kemih akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

2. Banyak minum air putih

Selain dapat mencegah dehidrasi, minum air putih setidaknya 8 gelas sehari juga dapat membuat Anda lebih banyak buang air kecil. Dengan demikian, bakteri di saluran kemih akan terbuang melalui urine. Jadi, semakin banyak urine yang dikeluarkan, maka semakin banyak juga bakteri yang terbuang.

3. Kompres hangat

Cara mengobati anyang-anyangan berikutnya adalah dengan mengompres area perut bagian bawah dengan menggunakan handuk yang telah direndam air hangat. Agar hasilnya lebih optimal, sebaiknya lakukan cara ini selama 15 menit, sebanyak 3-4 kali sehari.

4. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Untuk meringankan gejala anyang-anyangan, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu iritasi pada saluran kemih berikut:

  • Makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
  • Makanan dan minuman yang rasanya asam.
  • Makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat.
  • Makanan pedas.
  • Minuman beralkohol.

5. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman juga bisa menjadi cara mengobati anyang-anyangan. Bakteri mudah berkembang biak di area yang lembap dan hangat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan skinny jeans atau celana ketat. Sebaliknya, gunakan rok atau celana yang longgar atau pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Dengan demikian, sirkulasi udara di area sensitif akan terjaga dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

6. Mengonsumsi cranberry

Cranberry telah dipercaya sejak lama sebagai pengobatan alami untuk mengobati infeksi saluran kemih, termasuk mengurangi gejala anyang-anyangan yang timbul. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat dalam cranberry yang disebut proanthocyanidins. Zat tesebut berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab infeksi menempel pada dinding saluran kemih, sehingga dapat meredakan dan mengobati gejala anyang-anyangan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi cranberry secara utuh atau diolah menjadi jus. Selain itu, Anda juga bisa membeli ekstrak cranberry yang sudah banyak dijual bebas.

Jika beberapa cara di atas telah Anda lakukan, namun belum juga membaik, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter urologi. Dokter akan melakukan pemeriksaan, seperti tes urine, USG, atau foto rontgen saluran kemih, untuk menentukan penyebabnya. Namun, jika anyang-anyangan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter biasanya akan meresepkan obat antibiotik. Untuk mengurangi rasa sakitnya, dokter akan memberikan obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, diclofenac, atau asam mefenamat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout