Blog

cara menghilangkan bekas luka tahunan

6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan Secara Alami

Dampak bekas luka memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, bagi sebagian besar orang, bekas luka dapat berpengaruh pada penampilan dan kepercayaan diri, terlebih jika bekas luka tersebut bertahan hingga tahunan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara menghilangkan bekas luka tahunan secara alami.

Meski tidak menghilangkan bekas luka secara menyeluruh, namun beberapa cara menghilangkan bekas luka tahunan dengan bahan-bahan alami dapat membantu menyamarkannya. Berikut 6 bahan alami yang direkomendasikan untuk Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Tahunan

Selain lebih aman untuk kesehatan, bahan-bahan alami juga mudah untuk didapatkan. Berikut 6 bahan alami yang bisa Anda coba untuk menyamarkan bekas luka.

Ekstrak bawang bombay

Secara ilmiah, ekstrak bawang bombay telah terbukti efektif sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan. Jika digunakan secara teratur, gel ekstrak bawang dapat menyamarkan bekas luka dalam 4 minggu. Selain bisa dibuat sendiri di rumah, Anda juga bisa mendapatkannya secara bebas di toko-toko obat.

Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit. Beberapa fungsi vitamin E, antara lain menghilangkan stretch mark, memutihkan area lipatan, serta menghilangkan bekas luka tahunan. Untuk mendapatkan manfaatnya, buka isi kapsul vitamin E yang bisa Anda dapatkan secara bebas di toko-toko obat, pijat secara perlahan area bekas luka selama 10 menit. Setelah itu, biarkan minyak vitamin E menyerap selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan rutinitas ini tiga kali sehari untuk hasil yang optimal.

Lidah buaya

Lidah buaya sejak lama digunakan sebagai salah satu cara menyembuhkan bekas luka yang efektif. Caranya, cukup aplikasikan gel lidah buaya yang masih segar pada bekas luka dengan gerakan memutar, diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari hingga bekas luka semakin memudar.

Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka tahunan berikutnya adalah minyak kelapa. Untuk mendapatkan manfaatnya, panaskan satu sendok makan minyak kelapa hingga berbentuk pasta, lalu pijat secara perlahan pada permukaan bekas luka selama 10 menit, diamkan minyak hingga meresap selama satu jam. Lakukan cara ini 2-4 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Lemon

Bahan alami untuk menghilangkan bekas luka tahunan lainnya adalah lemon. Caranya, cukup iris dan usapkan lemon langsung ke area bekas luka, kemudian pijat secara perlahan sambil diperas sarinya, diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari.

Baking soda

Baking soda juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan. Caranya, campurkan air sulingan dengan dua sendok makan baking soda hingga berbentuk pasta, kemudian basahi luka dengan air sulingan, lalu aplikasikan pasta baking soda pada permukaan bekas luka yang telah dibasahi. Tutup pasta dengan kompres hangat selama 15 menit, bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin setidaknya satu kali dalam sehari.

Itulah 6 cara menghilangkan bekas luka tahunan yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Meski bahan-bahan alami di atas telah terbukti dapat membantu menghilangkan bekas luka yang mengganggu, namun sebaiknya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Hal ini untuk menghindari iritasi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout