Blog

cara diet alami

6 Cara Diet Alami, Sehat dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan adalah dengan menerapkan cara diet alami. Meski hasilnya tidak secepat diet ekstrem, mengonsumsi pil diet, atau operasi sedot lemak, namun diet alami jauh lebih aman untuk kesehatan dan dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Selain bisa menurunkan berat badan, cara diet alami juga melatih Anda untuk hidup lebih sehat melalui pola makan yang tepat. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah Anda dari risiko berbagai penyakit berbahaya. Ingin memiliki berat badan ideal dan hidup lebih sehat? Simak penjelasan berikut.

Cara Diet Alami 

Anda bisa memiliki tubuh yang ideal dan sehat tanpa perlu melakukan cara yang drastis dan menyiksa tubuh. Mengubah pola makan dan kebiasaan makan secara bertahap dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan secara alami. Berikut beberapa caranya:

1. Banyak Minum Air Mineral

Memenuhi asupan cairan sepanjang hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga membantu Anda menurunkan berat badan secara alami. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan pada lebih dari 9.500 orang. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi cukup air putih memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan lebih mungkin mengalami obesitas dibandingkan dengan mereka yang minum banyak air putih. Selain itu, orang yang minum air putih sebelum makan terbukti akan makan lebih sedikit kalori.

2. Mengonsumsi Sarapan Kaya Protein

Cara diet alami berikutnya adalah mengonsumsi makanan kaya protein, seperti telur, saat sarapan. Penelitian telah membuktikan bahwa sarapan kaya protein bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, memenuhi asupan protein di pagi hari juga dapat membantu Anda untuk menghindari ngemil yang tidak sehat dan meningkatkan kontrol nafsu makan sepanjang hari.

3. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti pasta, tepung putih, dan roti putih, rendah akan serat dan sulit dicerna dengan cepat oleh tubuh. Sebaiknya, ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks, seperti gandum, biji-bijian seperti quinoa dan barley, wortel, dan kentang. Karbohidrat kompleks akan membantu Anda kenyang lebih lama dan mengandung lebih banyak nutrisi daripada sumber karbohidrat olahan.

4. Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Salah satu penyebab kenaikan berat badan adalah mengonsumsi gula tambahan secara berlebihan. Mengonsumsi gula tambahan secara berlebihan juga memicu berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, makanan seperti soda, permen, dan makanan yang mengandung banyak gula tambahan lainnya cenderung mengandung nutrisi yang rendah. Dengan mengurangi gula tambahan, maka Anda menjadi lebih sehat dan berat badan tetap terjaga.

5. Konsumsi Cukup Lemak Sehat

Banyak yang menghindari lemak saat diet, namun sebenarnya lemak sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan lemak sehat membantu Anda tetap kenyang lebih lama dan dapat mengurangi nafsu makan. Selain itu, penelitian telah membuktikan bahwa menjalankan diet tinggi lemak sehat dengan mengonsumsi makanan seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan, dapat memaksimalkan penurunan berat badan.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Cara diet alami lainnya adalah mengonsumsi makanan kaya serat, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya serat, dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout