Blog

vitamin yang bagus untuk ibu hamil

5 Vitamin yang Bagus untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan vitamin agar kesehatannya tetap terjaga. Selain menjaga kesehatan ibu hamil, vitamin yang bagus untuk ibu hamil juga dapat membantu perkembangan janin.

Ada beberapa vitamin yang bagus untuk ibu hamil yang dapat menunjang kehamilan. Lalu apa saja vitamin yang perlu dipenuhi asupannya oleh ibu hamil? Berikut lima di antaranya:

1. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Hal ini dikarenakan vitamin D bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Jika ibu hamil kekurangan vitamin D, maka dapat berisiko pada pertumbuhan tulang janin yang tidak optimal. Untuk memenuhi asupan vitamin D harian, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, seperti salmon dan sarden, telur, serta daging. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah sinar matahari pagi.

2. Vitamin B12 (Kobalamin)

Vitamin yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya adalah vitamin B12 atau kobalamin. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga sistem saraf ibu hamil, serta mencegah bayi cacat lahir. Ibu hamil perlu memenuhi asupan vitamin B12 sebanyak 2,6 mcg per hari selama kehamilan trimester 2. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B12, antara lain ikan, unggas, dan susu.

3. Vitamin C

Untuk menunjang kesehatan, ibu hamil juga perlu memenuhi asupan vitamin C. Sebagai makanan yang tidak diproduksi oleh tubuh, manfaat vitamin C bisa didapatkan melalui makanan yang mengandung vitamin C. Beragam manfaat vitamin C untuk ibu hamil, antara lain membantu penyerapan zat besi pada tubuh, menurunkan risiko diabetes gestasional, mencegah risiko preeklampsia, serta membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil memerlukan asupan vitamin C sebanyak 85 miligram setiap hari. Hindari konsumsi vitamin C secara berlebihan, karena dapat berdampak buruk untuk kesehatan, seperti gangguan pencernaan dan batu ginjal. Beberapa sumber alami vitamin C, antara lain brokoli, jeruk, mangga, tomat, bayam, paprika, kiwi, serta jambu biji.

4. Vitamin E

Ibu hamil juga membutuhkan vitamin E karena memiliki beragam manfaat untuk kehamilan. Antara lain, berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai virus atau sel yang merusak, mencegah risiko keguguran, membentuk sel darah merah, mencegah pembekuan darah, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, membantu perkembangan sistem saraf janin, mencegah cacat tubuh pada janin, membentuk mata pada janin, serta meningkatkan kemampuan kognitif pada janin. Ibu hamil membutuhkan vitamin E setidaknya sebanyak 15 miligram per hari. Pada kondisi tertentu seperti tekanan darah tinggi atau komplikasi selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin E lebih banyak. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E, antara lain sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah atau yang disebut morning sickness. Untuk mengobatinya, ibu hamil dapat mengonsumsi vitamin B6 atau piridoksin secara rutin. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi, dan berperan dalam memproduksi norepinefrin dan serotonin, yaitu dua jenis zat yang diperlukan tubuh. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B6, antara lain kacang tanah, gandum utuh, pisang, serta kacang polong.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout