Blog

vitamin untuk daya tahan tubuh

5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, daya tahan tubuh merupakan kunci penting untuk terhindar dari virus Covid-19. Untuk menjaga daya tahan tubuh, diperlukan nutrisi untuk meningkatkan imun tubuh, salah satunya vitamin untuk daya tahan tubuh.

Ada beberapa vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Mengonsumsi vitamin tersebut akan menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Berikut 5 di antaranya.

Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Vitamin C

Vitamin yang satu ini dikenal sebagai salah satu vitamin yang baik untuk meningkatkan daya tubuh. Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Anda bisa memenuhi asupan vitamin C harian dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut:

  1. Jeruk
  2. Bayam
  3. Pepaya
  4. Strawberry
  5. Nanas

Vitamin B Kompleks

Vitamin yang satu ini tidak kalah penting dengan vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin B Kompleks berfungsi untuk menjaga energi dan mengatur hormon. Selain itu, vitamin B Kompleks juga dapat membantu menunjang kerja otak dan menjaga kesehatan saraf. Manfaat vitamin ini bisa Anda dapatkan melalui beberapa makanan berikut:

  1. Keju
  2. Susu
  3. Daging merah
  4. Ikan tuna
  5. Sayuran hijau
  6. Kerang 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memenuhi asupan vitamin B kompleks, Anda dapat mengonsumsi suplemen. Tubuh yang kekurangan vitamin B Kompleks akan menyebabkan rasa lelah, kurang energi, anemia, dan gangguan hormon.

Vitamin D

Pernahkah Anda mendengar tentang fungsi vitamin D bagi pasien Covid-19? Hal ini tidak mengherankan, karena vitamin D bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari virus dan penyakit. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, menjaga kadar insulin tubuh, dan menjaga organ paru-paru dan jantung. Manfaat vitamin D bisa Anda dapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari yang membantu proses sintesis vitamin D dalam tubuh sehingga bisa terserap dengan baik. Vitamin D juga bisa Anda dapatkan melalui makanan, seperti kuning telur, susu, dan salmon.

Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, namun vitamin E juga berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas dan membantu melawan infeksi. Selain itu, vitamin E juga dapat menjaga tubuh dari kanker kulit dan menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengonsumsi vitamin E, maka akan membuat kulit semakin cerah, tubuh sehat, dan imun tubuh terjaga.

Zat Besi

Zat besi berperan besar dalam melancarkan peredaran oksigen dan darah dalam tubuh, sehingga dapat menunjang kinerja dan proses sistem kekebalan tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, rambut, hingga kuku. Salah satu gejala tubuh kekurangan zat besi adalah adanya bercak putih pada kuku. Manfaat zat besi bisa Anda dapatkan melalui beberapa makanan, seperti sayuran hijau, tahu, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi zat besi secara berlebihan karena akan berdampak negatif pada sistem pembuangan tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout