Blog

Apa saja vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh? Simak penjelasan berikut

5 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral yang Baik untuk Tubuh

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Vitamin dan mineral termasuk dalam kategori mikronutrien. Meski dibutuhkan dalam jumlah yang relatif kecil, namun, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tetap perlu dipenuhi. 

Peran vitamin dan mineral penting bagi tubuh, namun masih banyak orang yang belum memenuhi kedua nutrisi tersebut secara seimbang. Apa saja vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh? Simak penjelasan berikut.

Multivitamin yang Baik untuk Tubuh

Berikut beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Vitamin A

Selain baik untuk menjaga fungsi penglihatan, vitamin A juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A berperan penting dalam proses pembentukan sel darah putih, yaitu sel darah yang berfungsi untuk melawan benda asing, seperti virus dan bakteri, yang masuk ke dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, Anda bisa mengonsumsi hati sapi, serta buah dan sayuran yang berwarna terang, seperti wortel, labu, tomat, brokoli, dan semangka.

2. Vitamin B

Selain dibutuhkan ibu hamil, asupan vitamin B harian juga perlu dipenuhi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B, Anda perlu mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, tuna, paprika, ikan, daging ayam, serta susu dan produk olahannya.

3. Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat yang lengkap untuk kesehatan. Mulai dari menjaga kesehatan kulit, mengoptimalkan fungsi sel darah putih untuk melawan infeksi, menangkal efek radikal bebas, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Kombinasi dari berbagai manfaat tersebut, membuat vitamin C sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Vitamin C juga sering ditemukan dalam berbagai macam produk suplemen dan mudah ditemukan di pasaran. Namun, Anda tetap perlu mengonsumsi vitamin C secara alami melalui beberapa jenis buah, seperti jeruk, kiwi, lemon, stroberi, serta sayuran, seperti brokoli dan bayam.

4. Vitamin D

Vitamin D dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Anda bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin D dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti ikan, sereal, telur, dan margarin yang diperkaya dengan vitamin D. 

Selain makanan bergizi, tubuh juga dapat memproduksi vitamin D saat kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Untuk mendapatkan manfaat sinar matahari yang mengandung vitamin D, Anda dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar 5-15 menit selama 2-3 kali seminggu. Namun, hindari berjemur pada pukul 10.00-16.00, karena sinar matahari pada jam tersebut dapat membuat kulit rentan terbakar.

5. Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang berperan sebagai antioksidan. Oleh karena itu, vitamin E baik dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat efek radikal bebas. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi kacang almond, kacang tanah, dan biji bunga matahari. Selain itu, vitamin E juga ditemukan dalam alpukat, mangga, dan bayam. 

Sedangkan, jenis mineral yang diperlukan tubuh, yaitu:

  • Kalsium.
  • Kalium.
  • Natrium.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Klorida.
  • Zat besi.
  • Yodium.
  • Seng atau Zinc.
  • Belerang (sulfur).
  • Kobalt.
  • Tembaga.
  • Fluorida.
  • Mangan.
  • Selenium.

Anda juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi produk suplemen atau multivitamin sebagai alternatif. Perlu diingat, penggunaan produk suplemen dan multivitamin hanya sebagai tambahan dan tidak bisa menggantikan nutrisi dari makanan.

Selain itu, agar kesehatan terjaga, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup sehat, yaitu dengan rutin berolahraga, setidaknya 150 menit setiap minggu, tidur yang cukup dan berkualitas, menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Kapan Sebaiknya Minum Multivitamin?

Multivitamin biasanya dikonsumsi untuk melengkapi kekurangan gizi yang tidak bisa didapatkan dari makanan. Masing-masing multivitamin memiliki manfaat dan waktu minum yang berbeda-beda. Berikut penjelasan mengenai aturan mengonsumsi multivitamin berdasarkan jenisnya:

1. Vitamin yang larut dalam air

Vitamin C dan sebagian besar vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Jenis vitamin ini sebaiknya diminum saat perut kosong. Anda bisa mengonsumsinya 30 menit sebelum atau dua jam setelah makan. Vitamin C tidak disimpan tubuh sebagai cadangan nutrisi. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi vitamin C dalam dosis kecil setiap hari. Tubuh akan menyerap kebutuhan harian vitamin tersebut dan membuang sisanya melalui urin.

Sedangkan, vitamin B sebaiknya dikonsumsi saat pertama kali bangun tidur. Studi menunjukkan bahwa vitamin B kompleks (vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12) dapat membuat suasana hati lebih baik dan membantu menurunkan stres. Hindari konsumsi vitamin B6 pada malam hari atau menjelang tidur, karena bisa mengganggu tidur dan menyebabkan mimpi buruk.

2. Vitamin yang larut dalam lemak

Vitamin yang termasuk kategori larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Anda dianjurkan untuk mendapatkan asupan vitamin ini setelah makan. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut membutuhkan lemak untuk melarutkannya di dalam tubuh. Semua vitamin tersebut akan dibawa dalam aliran darah ke organ-organ tubuh penting yang membutuhkannya. Sebaiknya, konsumsi vitamin yang larut dalam lemak hanya dalam kadar kecil. Sisa vitamin yang tidak digunakan akan disimpan dalam hati. Sisa vitamin yang terlalu banyak tersimpan justru akan berbahaya untuk tubuh.

Rekomendasi Multivitamin dan Mineral

Berikut rekomendasi multivitamin dan mineral untuk kesehatan yang dapat Anda konsumsi:

  1. Pyfahealth Multivitamin & Mineral

Rp44.000,00

Pyfahealth Multivitamin & Mineral adalah suplementasi vitamin dan mineral dengan kandungan vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. 

2.    Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C

    Rp47.000,00

Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C adalah suplementasi vitamin B kompleks dan vitamin C untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

3. Pyfaton Suplemen Multivitamin dan Mineral

    Rp290.000,00

Pyfaton merupakan suplemen salut selaput yang mengandung multivitamin vitamin B complex, vitamin C, vitamin E, dan mineral zinc yang berguna sebagai suplementasi vitamin dan mineral zinc.

4. Damuvit C-1000

Rp115.100,00

Suplemen kesehatan ini mengandung vitamin C 1000 mg yang diformulasi dalam bentuk kaplet salut selaput untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Dengan manfaat dan kandungan tersebut, dapat dikonsumsi di masa pandemi untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Pyfahealth Vitamin C-1000

Rp63.000,00

Pyfahealth Vitamin C-1000 adalah suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C 1000 mg untuk membantu memelihara daya tahan tubuh.

Beli Vitamin di sini

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout