Blog

Berikut beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda olah sendiri di rumah:

5 Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Susah Menelan

Sakit tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah adanya peradangan di tenggorokan yang sering kali menyebabkan susah menelan dan mengganggu aktivitas, karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Selain obat-obatan, untuk mengatasinya, ada beberapa obat alami sakit tenggorokan dan susah menelan yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Susah Menelan

Berikut beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa Anda olah sendiri di rumah:

1. Air garam

Air garam merupakan salah satu obat alami sakit tenggorokan dan susah menelan yang praktis dan mudah dibuat. Penelitian menyatakan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas dengan gejala demam. Selain itu, berkumur dengan air garam juga bisa membantu membersihkan tenggorokan dari dahak. 

Caranya mudah, cukup campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga tercampur secara merata. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah, lalu muntahkan air garam tersebut. Namun, hindari terlalu banyak minum air garam dan jangan ditelan. 

2. Madu 

Madu dikenal sejak lama sebagai obat alami sakit tenggorokan, baik dicampur dengan teh atau diminum secara langsung. Studi yang dilakukan pada anak-anak yang terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) mengonfirmasi bahwa madu efektif dalam membantu meredakan batuk. Efektivitas madu juga didukung oleh studi lain yang menyatakan bahwa madu secara efektif dapat membantu menyembuhkan. Oleh karena itu, madu dipercaya bisa mempercepat pemulihan sakit tenggorokan. 

3. Bawang putih

Bawang putih juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Agar manfaat bawang putih bisa optimal, Anda dianjurkan untuk mengunyahnya. Ketika hancur, bawang putih akan melepaskan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, sekaligus antivirus. 

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengisapnya selama 15 menit. Jika Anda tidak bisa memakannya mentah-mentah, cobalah untuk mencampurkan bawang putih dengan bahan lain, seperti madu, minyak zaitun, atau dibuat jus. Namun, allicin akan efektif jika dikunyah dalam kondisi mentah. 

4. Sup hangat

Sup hangat dengan kaldu ayam atau daging bisa digunakan sebagai salah satu obat alami mengatasi sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan makanan tersebut bermanfaat untuk membantu mengurangi iritasi dan tenggorokan kering. Sup yang dikonsumsi tergolong mudah ditelan, meski tenggorokan sakit. Dengan mengonsumsi makanan seperti sup, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dapat terpenuhi, sekaligus mendapatkan cairan tambahan untuk mencegah dehidrasi.

5. Teh hangat

Selain sup hangat, teh hangat bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan susah menelan. Mengonsumsi teh hangat dari jenis apa pun, seperti herbal atau non-herbal, dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Teh mengandung antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dan membantu menangkal infeksi. Agar manfaatnya optimal, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh.

Jika obat alami sakit tenggorokan di atas telah dikonsumsi, namun sakit tenggorokan tidak kunjung hilang, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout