Blog

menu makan malam

5 Menu Makan Malam Sehat dan Lezat

Memilih menu makan malam yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk menentukan menu makan malam yang sehat, pastikan makanan yang Anda pilih memiliki kandungan yang tinggi protein. Selain menggantikan energi yang hilang setelah beraktivitas, kandungan protein juga dapat memberikan asupan energi yang cukup menjelang istirahat.

Anda bingung menentukan menu makan malam yang tepat? Jangan khawati, ada banyak pilihan menu sehat yang bisa Anda pilih. Berikut 5 menu makan malam sehat yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Salad Daging Ayam dan Sayuran

Campuran daging dan sayuran adalah pilihan yang tepat untuk menu makan malam sehat karena dapat memenuhi gizi yang penting di malam hari. Agar kandungan nutrisinya lebih optimal, perbanyak porsi daging ayam, serta lengkapi asupan protein dengan keju dan greek yogurt. Untuk sayuran, pilih sayuran berdaun hijau, seperti selada, timun, serta tomat. Mengonsumsi menu ini secara rutin dapat memenuhi asupan harian vitamin, mineral, dan protein untuk tubuh Anda.

2. Telur Dadar 

Kombinasi telur dan sayuran adalah salah satu menu populer yang bisa Anda pilih untuk menu makan malam sehat. Selain lezat dan mudah dibuat, menu ini juga dapat Anda kreasikan dengan mencampurkan bahan-bahan sehat lainnya. Bahan-bahan sehat tersebut dapat Anda pilih sesuai selera Anda. Caranya, sediakan empat butir telur, kocok hingga merata, tumis jamur, cabai merah, zucchini, dan bawang bombay. Selanjutnya, masukkan sayuran sesuai selera Anda, setengah porsi buncis, dan tambahkan keju rendah lemak, kemudian tuangkan telur yang telah dikocok secara perlahan. Tambahkan saus bebas lemak sesuai selera Anda. 

3. Nasi Goreng Tahu

Untuk menjadikannya lebih sehat, buat nasi goreng dengan cara dipanggang. Caranya, masak nasi goreng seperti pada umumnya, tambahkan tahu untuk memenuhi asupan protein, setelah matang bungkus dengan menggunakan daun pisang, kemudian panggang. Tahu bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme lemak, mengontrol gula darah, serta menyehatkan jantung. Jika Anda tidak terlalu menyukai tahu, Anda bisa menggantinya dengan udang atau ayam sesuai selera.

4. Nasi Kembang Kol dengan Ayam Panggang

Nasi kembang kol bisa Anda pilih sebagai menu makan malam sehat karena mengandung protein yang berkualitas. Selain itu, sayuran dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mencegah risiko penyakit jantung. Makanan ini bisa dibeli dalam bentuk kemasan atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara memotong halus kembang kol menjadi seperti nasi. Caranya, bumbui ayam dengan rosemary, oregano, thyme, garam, serta merica, kemudian panaskan minyak zaitun dalam wajan, bakar ayam selama 6-7 menit hingga keemasan, kemudian tumis potongan tomat selama 5 menit, tambahkan nasi kembang kol, aduk hingga lunak. Setelah matang, tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan ayam panggang.

5. Pasta Salmon Bayam

Kombinasi salmon dan bayam mengandung asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk mengatasi peradangan dan mencegah risiko penyakit jantung. Caranya, masak pasta sesuai dengan petunjuk kemasan, kemudian tumis bawang bombay selama 5 menit, tambahkan salmon dan masak selama 5-7 menit, suwir saat memasak, tambahkan bayam hingga layu, kemudian tambahkan krim asam, keju parmesan, bawang putih, garam, serta merica. Setelah itu, aduk hingga rata, kemudian tambahkan pasta pasta dan peterseli yang sudah dimasak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout