Blog

manfaat daun sambiloto

5 Manfaat Daun Sambiloto, Ampuh untuk Imun Tubuh

Dikenal memiliki rasa yang pahit, daun sambiloto adalah salah satu jenis tanaman herbal yang sejak lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Manfaat daun sambiloto ini dihasilkan dari kandungan zat aktif yang disebut andrografolida. Zat ini berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, dan antivirus, di bagian batang dan daun tanaman sambiloto. Selain itu, daun sambiloto juga mengandung beberapa antioksidan, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan tannin. 

Dengan kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh, daun sambiloto kerap digunakan untuk untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai obat alami untuk meredakan gejala pilek. Berikut 5 manfaat daun sambiloto yang perlu Anda ketahui.

1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat penting daun sambiloto di tengah pandemi adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Daun sambiloto bekerja dengan cara memperbaiki kinerja sel-sel darah putih, sehingga lebih efektif dalam mencegah berbagai kuman dan virus penyebab infeksi. Selain itu, ekstrak dalam sambiloto juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam mendeteksi dan menangkal sel-sel kanker di dalam tubuh.

2. Meringankan Gejala Flu

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan dalam sambiloto mampu meredakan gejala flu, seperti batuk pilek, bersin-bersin, demam, nyeri tenggorokan, serta memulihkan flu dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan zat dalam sambiloto memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa memilih kombinasi suplemen sambiloto dengan ginseng, tidur cukup, pola makan yang sehat, serta jauhi polusi dan asap rokok.

3. Meredakan Peradangan

Saat tubuh mengalami penyakit, infeksi, dan cedera, ada satu cara alami yang dilakukan oleh tubuh untuk melindungi dan memulihkan diri, yaitu peradangan. Peradangan disertai beberapa gejala, seperti demam, nyeri, bengkak di bagian tubuh yang meradang, serta tidak enak badan. Sambiloto memiliki kandungan zat antiradang yang efektif untuk mengatasi gejala peradangan tersebut.

4. Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu gejala ketika tubuh mengalami peradangan. Kondisi ini pada umumnya terjadi saat tubuh terkena infeksi virus atau bakteri. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi daun sambiloto yang dikenal memiliki zat antiradang, antibakteri, dan antivirus.

5. Membantu Menyembuhkan Infeksi

Khasiat daun sambiloto yang satu ini sangat relevan di tengah pandemi Covid-19. Sambiloto dikenal memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit, yang dapat memulihkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi, salah satunya sinusitis. Kandungan dalam sambiloto mampu membantu mencegah proses bakteri yang memicu sinusitis menempel pada lapisan sinus. Selain itu, beberapa penyakit infeksi yang dapat disembuhkan dengan sambiloto, antara lain malaria, pneumonia, tuberkulosis, leptospirosis, kusta, herpes, sifilis, gonore, dan rabies. Bahkan, baru-baru ini penelitian menemukan bahwa sambiloto mampu menyembuhkan HIV/AIDS. Menurut penelitian tersebut, sambiloto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pengidap HIV/AIDS.

Daun sambiloto memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun Anda tetap perlu bijak dalam memanfaatkannya. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai pengobatan untuk mengatasi penyakit tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Perlu diingat, daun sambiloto tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, serta orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit autoimun, kelainan darah, dan tekanan darah rendah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout