Blog

manfaat bawang merah

5 Manfaat Bawang Merah yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Kepopuleran bawang merah sebagai bahan pokok dalam masakan tidak hanya di Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia. Kepopuleran itu tidak hanya karena rasa dan aromanya yang kuat, namun juga karena manfaat bawang merah untuk kesehatan. 

Mulai dari meningkatkan imun di tengah pandemi hingga menyehatkan jantung, berikut 5 manfaat bawang merah yang baik untuk kesehatan Anda.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Selama pandemi, salah satu hal yang penting untuk dijaga adalah imun tubuh. Imun tubuh diperlukan untuk melindung tubuh dari serangan virus, kuman, dan bakteri yang berasal dari luar tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Bawang merah mengandung selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga bisa menghindarkan Anda dari infeksi virus Covid-19.

2. Menyehatkan Jantung

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi bawang merah dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Hal ini dikarenakan kandungan dalam bawang merah yang disebut allicin, berkhasiat memompa darah ke seluruh tubuh. Bagi penderita jantung, kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang terdapat pada bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat.

3. Mencegah Kanker  

Suatu penelitian menyatakan bahwa khasiat bawang merah dalam melawan pertumbuhan sel-sel kanker lebih tinggi dibandingkan bawang putih. Penelitian tersebut melakukan pengujian dengan cara meneteskan ekstrak bawang dari lima varian berbeda ke sel-sel kanker. Setelah dianalisis lebih lanjut, ekstrak bawang merah ternyata mampu membunuh sel-sel kanker tiga hingga lima kali lebih banyak dibandingkan jenis bawang lain. Selain itu, kandungan anthocyanin dalam bawang efektif menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kanker, peradangan pada tubuh, dan diabetes.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Anda penderita diabetes? Sebaiknya konsumsi bawang merah dengan kandungan sulfur yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Hal ini diperkuat melalui penelitian oleh Environmental Health Insight yang menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang merah mentah terbukti mampu menjaga kadar gula darah. Penelitian tersebut menemukan bahwa senyawa aktif dalam bawang merah, yang disebut quercetin dan sulfur memiliki sifat sebagai zat antidiabetes. Bagi Anda yang bukan penderita diabetes, rutin mengonsumsi bawang merah juga diperlukan untuk menghindarkan Anda dari penyakit diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan Otak


Bawang merah kaya akan kandungan vitamin B, salah satunya folat. Kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak, antara lain meningkatkan fungsi otak, yang berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Selain itu, folat juga berfungsi untuk melindungi DNA dan RNA tubuh Anda. Tidak hanya folat, ada beberapa kandungan lain dalam bawang merah yang meningkatkan kerja otak, seperti zat besi yang berperan penting dalam fungsi dan kinerja otak, dan senyawa yang disebut pyrithione, yang dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. Bahkan, sifat anti-radang dari bawang merah juga dapat membantu mencegah alzheimer, penyakit degeneratif yang ditandai dengan penurunan daya ingat, menenangkan sistem saraf, dan mengobati iritasi sistem saraf.

Luar biasa bukan manfaat dari bawang merah? Yuk, jaga imun tubuh diri dan keluarga di masa pandemi mulai dari sekarang dengan rutin mengonsumsi bawang merah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout