Blog

manfaat air mawar

5 Manfaat Air Mawar: Sehatkan Kulit Hingga Lancarkan Pencernaan

Sejak dulu, air mawar digunakan sebagai perawatan kecantikan, terutama penyegar dan pembersih wajah. Namun, ternyata masih banyak manfaat air mawar yang jarang diketahui. 

Air mawar mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin A, B, ataupun vitamin C, E, serta antioksidan. Selain itu, air mawar juga mengandung zat yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri yang penting untuk kulit. Berikut 5 manfaat air mawar untuk wajah dan tubuh.

1. Membersihkan Make-Up

Membersihkan kulit wajah setelah penggunaan make up seharian penting agar kulit wajah dapat bernapas dan menghindari penumpukan berbagai kotoran dan bakteri yang memicu berbagai masalah wajah. Untuk memastikan kulit wajah bersih setelah penggunaan make up seharian, air mawar bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan kandungan dalam air mawar berkhasiat sebagai make up remover. Caranya, campurkan tiga sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan minyak kelapa, kemudian aplikasikan campuran tersebut dengan menggunakan kapas secara merata ke seluruh wajah, bilas wajah hingga bersih.

2. Mengatasi Jerawat

Timbulnya jerawat seringkali membuat tidak nyaman dan mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan air mawar. Kandungan antibakteri dalam air mawar berkhasiat untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat kotoran dan bakteri, seperti jerawat. Caranya, sediakan satu sendok makan air mawar dan perasan lemon, campurkan kedua bahan tersebut, kemudian aplikasikan pada bagian kulit yang berjerawat, diamkan 30 menit, bilas hingga bersih.

3. Perawatan Mata

Munculnya kantong mata disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang tidur, mata kelelahan, alergi, penuaan, pola makan yang tidak sehat, dan stres. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memanfaatkan kompres air mawar untuk memiliki mata yang segar. Caranya, rendam kapas dalam air mawar dingin, aplikasikan atau tempelkan pada kelopak mata, diamkan selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Menjaga pH Kulit

Air mawar dikenal sangat baik untuk merawat dan membersihkan kulit wajah karena memiliki kadar pH yang ideal untuk kulit. Penelitian menemukan bahwa pH kulit berkisar antara 4,1 hingga 5,8, sedangkan pH air mawar berkisar antara 4,0-4,5. Penelitian dari Current Problems in Dermatology juga menyatakan bahwa bahan perawatan kulit yang memiliki tingkat pH 4,0-5,0 seperti air mawar, efektif dalam mengurangi efek iritasi dan intoleransi pada kulit wajah. Namun demikian, perlu diperhatikan bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, sehingga efek yang ditimbulkan dari perawatan air mawar juga berbeda pada setiap orang.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Tidak hanya sebagai perawatan kulit, kandungan dalam air mawar ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan. Mengonsumsi air mawar secara rutin memiliki beberapa khasiat, antara lain meningkatkan aliran empedu, sehingga dapat mengurangi gejala kembung dan sakit perut, berfungsi sebagai pencahar yang mampu membantu mengatasi sembelit. Dalam pengobatan tradisional, air mawar digunakan untuk membantu mengurangi gangguan pencernaan. Penelitian bahkan menemukan bahwa air mawar terbukti berkontribusi besar dalam melancarkan pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan. Untuk mendapatkan khasiat air mawar secara optimal, konsumsi air mawar secara murni tanpa campuran bahan lain. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air mawar.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout