Blog

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Tidak hanya berfungsi untuk menyembuhkan sakit perut atau dehidrasi, air kelapa ternyata bermanfaat untuk ibu hamil dan janin. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil terdapat dalam beragam nutrisi yang terkandung dalam air kelapa, seperti serat, protein, karbohidrat, dan mineral.

Dengan beragam kandungan yang bermanfaat tersebut, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengonsumsi air kelapa. Hal ini bertujuan agar kesehatan ibu hamil dan janin terjaga, serta mendukung tumbuh kembang janin. Apa saja manfaat air kelapa untuk ibu hamil lainnya? Berikut penjelasannya.

1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Sebagian besar ibu hamil sering mengalami mual dan muntah atau yang disebut morning sickness. Kondisi tersebut membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga menyebabkan terjadinya kekurangan elektrolit. Untuk menggantikan elektrolit yang banyak hilang dari tubuh, ibu hamil bisa mengonsumsi air kelapa yang mengandung elektrolit, seperti natrium, kalium, dan magnesium.

2. Memenuhi asupan cairan tubuh

Selama kehamilan, ibu hamil perlu memenuhi asupan cairan dalam tubuh untuk mencegah dehidrasi. Selain air putih, ibu hamil juga dapat mengonsumsi air kelapa yang dapat mencukupi asupan cairan dalam tubuh. Jika asupan cairan tercukupi, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Hal ini berdampak pada fungsi saluran kemih. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil dapat mengonsumsi air kelapa yang berperan sebagai diuretik alami, sehingga dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu menurunkan gula darah. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam air kelapa terbukti dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Meski demikan, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

5. Mendukung tumbuh kembang janin

Kandungan kalsium dalam air kelapa bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Namun, air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai sumber kalsium utama dalam membantu tumbuh kembang janin. Ibu hamil juga perlu melengkapinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi lainnya, seperti sayuran dan buah-buahan.

Tips Mengonsumsi Air Kelapa untuk Ibu Hamil Secara Aman

Beragam manfaat air kelapa menjadikannya sebagai salah satu minuman yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Namun, sebelum mengonsumsi air kelapa, ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar tetap aman untuk kesehatan:

  • Hindari menambahkan gula atau perasa di dalam air kelapa.
  • Hindari minum air kelapa berlebihan atau menjadikan air kelapa sebagai pengganti air putih.
  • Hindari mengonsumsi air kelapa dalam kemasan dan sebaiknya minum air kelapa murni.
  • Hindari memaksakan diri untuk mengonsumsi air kelapa jika Anda tidak menyukai rasanya atau membuat Anda tidak nyaman.

Itulah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil, namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tetap aman untuk kesehatan. Jika ibu hamil mengalami mual, muntah, sakit perut, atau diare, setelah mengonsumsi air kelapa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout