Blog

berikut beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa diterapkan di rumah.

5+ Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Radang tenggorokan adalah kondisi yang menimbulkan ketidaknyamanan, karena Anda menjadi kesulitan menelan dan berbicara. Untuk mengurangi ketidaknyamanan, ada beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa dilakukan di rumah. 

Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Namun, radang tenggorokan juga bisa menjadi gejala kondisi medis tertentu, misalnya alergi, asam lambung naik (GERD), cedera di tenggorokan, dan sering terpapar zat kimia atau polusi. Untuk mengurangi gejalanya, berikut beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa diterapkan di rumah.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Ada beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan yang mudah dan bisa dilakukan di rumah berikut:

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara menyembuhkan radang tenggorokan yang umum dilakukan. Cara ini efektif untuk membunuh bakteri di area tenggorokan dan meringankan peradangan. Caranya, campurkan garam dan air hangat, gunakan untuk berkumur selama 30 detik, lalu buang. Pastikan tidak tertelan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali per hari.

2. Perbanyak cairan

Radang tenggorokan berisiko dehidrasi, terlebih jika radang tenggorokan disertai dengan bersin dan batuk terus menerus. Oleh karena itu, ketika radang tenggorokan, Anda dianjurkan untuk mencukupi asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. 

Dikutip dari American Academy of Otolaryngology, mencukupi asupan cairan tubuh efektif mengurangi iritasi dan meringankan pembengkakan karena radang tenggorokan. Selama sakit, perbanyak konsumsi cairan, seperti air putih dan cairan lain yang bergizi, misalnya teh madu hangat, air lemon hangat, jus buah tanpa tambahan gula, atau sup kaldu hangat. 

3. Mandi air hangat

Cara menyembuhkan radang tenggorokan berikutnya adalah mandi air hangat. Ketika mandi air hangat, Anda bisa menghirup udara lembap yang efektif meringankan pembengkakan di tenggorokan dan meringankan gejala lain, misalnya hidung tersumbat. Anda sebaiknya mandi air hangat selama beberapa menit dan jangan terlalu lama. Selain itu, Anda bisa menghirup uap air hangat yang bermanfaat untuk melegakan tenggorokan. Caranya, tuangkan air hangat di mangkuk besar, lalu hirup uapnya secara perlahan.

4. Menjaga kelembapan udara

Salah satu penyebab radang tenggorokan adalah udara kering. Udara kering memicu iritasi tenggorokan dan saluran pernapasan lain. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kelembapan udara dengan memasang alat pelembap udara atau humidifier di rumah. Selain menjaga kelembapan udara, alat ini dapat membersihkan udara dari debu atau iritan yang memicu iritasi di tenggorokan dan saluran napas.

5. Menghindari makanan pedas dan asam

Radang tenggorokan bisa disebabkan karena asam lambung naik. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi kadar asam lambung untuk meringankan radang tenggorokan. Salah satu caranya adalah tidak makan makanan yang memicu asam lambung, seperti makanan pedas dan makanan asam. Pilih makanan bertekstur lembut yang nyaman untuk tenggorokan, misalnya nasi tim, bubur, dan sup.

6. Mengonsumsi madu

Mengonsumsi madu juga bisa diterapkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Efek antibakteri dan antivirus dalam madu efektif meringankan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat madu, konsumsi langsung atau ditambahkan ke minuman, misalnya teh atau air putih. Namun, Anda sebaiknya memilih madu alami yang tidak ditambahkan zat lain.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout