Blog

cara mengobati sariawan di lidah

5 Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi di area mulut dan lidah adalah sariawan. Selain menimbulkan nyeri, sariawan juga dapat mengganggu aktivitas yang menggunakan mulut, seperti makan, minum, hingga berbicara. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati sariawan di lidah.

Sariawan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kebiasaan merokok, stres, efek samping obat-obatan tertentu, serta infeksi jamur. Gangguan ini dapat berlangsung hingga 2 minggu. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

Untuk mengatasi sariawan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti minum obat, obat kumur, hingga salep yang dijual di apotek. Namun, ternyata ada juga cara mengobati sariawan yang alami dan efektif, seperti menggunakan bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan dengan mudah di rumah. Berikut 5 cara mengobati sariawan di lidah yang perlu Anda ketahui:

1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sariawan di lidah yang pertama adalah dengan menggunakan air garam dapur. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan satu setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, lalu aduk hingga larut. Setelah itu, aplikasikan larutan air garam tersebut untuk berkumur, khususnya pada bagian lidah selama kurang lebih 2 menit.

2. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan cara alami berikutnya untuk mengatasi sariawan di lidah. Caranya, siapkan lidah buaya, lalu cuci hingga bersih, kemudian belah hingga dagingnya muncul. Daging yang bergetah tersebut kemudian diaplikasikan ke lidah yang terkena sariawan sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

3. Kompres dengan es batu

Jika rasa sakit karena sariawan di lidah tidak kunjung membaik dan terus membengkak, Anda bisa menggunakan kompres dengan es batu. Caranya, bungkus es batu dengan menggunakan kain lembut, atau Anda bisa langsung mengulum es batu di bagian lidah yang sariawan hingga mencair sepenuhnya. Untuk hasil yang optimal, lakukan langkah ini beberapa kali hingga sariawan sembuh.

4. Menggunakan kantong teh celup

Cara mengobati sariawan di lidah lainnya adalah menggunakan kantong teh celup. Hal ini dikarenakan adanya kandungan alkali di dalam kantong teh yang dapat membantu menetralkan asam di mulut. Caranya, Anda cukup menempatkan kantong teh celup ke titik sariawan selama kurang lebih 5 menit.

5. Penuhi asupan vitamin

Salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi vitamin, seperti vitamin C, vitamin B12, serta vitamin B kompleks, untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Beberapa sumber vitamin alami tersebut adalah sayuran dan buah-buahan.

Tips Mencegah Sariawan

Selain mengetahui cara mengobati sariawan di lidah, ada juga beberapa langkah pencegahan sariawan yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya:

  • Konsumsi makanan yang sehat, terutama sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, untuk mencegah kekurangan gizi yang dapat menyebabkan sariawan.
  • Penuhi asupan cairan tubuh, setidaknya minum 8 gelas air putih setiap hari.
  • Berhati-hati saat makan. Hindari makan terburu-buru yang membuat bibir atau lidah tergigit dan menyebabkan sariawan.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Jika perlu, gunakan benang gigi (dental floss) tiga bulan sekali untuk mencegah kontaminasi jamur dan bakteri pada sikat gigi. Hindari juga berbagi sikat gigi dengan orang lain.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout