Blog

cara mengobati sakit gigi

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Jangan abaikan sakit gigi yang dapat mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Jika tidak diatasi dengan segera, sakit gigi berkepanjangan dapat berbahaya bagi kesehatan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara mengobati sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi tidak hanya menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek, namun juga dapat menggunakan bahan-bahan alami. Ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di dapur Anda. Berikut 4 di antaranya.

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Sebelum mengonsumsi obat pereda sakit gigi atau berkonsultasi ke dokter, Anda bisa melakukan cara alami untuk mengobatinya. Beberapa cara mengatasi sakit gigi berikut menggunakan bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur, antara lain:

1. Berkumur dengan air garam

Air garam berperan sebagai desinfektan alami yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang terasa nyeri. Caranya, cukup campurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, lalu berkumurlah dengan campuran tersebut selama kurang lebih 30 detik, kemudian buang. 


2. Kompres dengan es

Selain mengobati dengan obat sakit gigi, Anda bisa bisa menggunakan kompres dengan es. Cara ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi yang bengkak. Caranya, lapisi batu es dengan kain atau handuk, lalu tempelkan ke bagian pipi yang dekat dengan gigi yang sakit selama sekitar 20 menit. Ulangi cara ini setiap beberapa jam.

3. Minyak cengkeh

Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh berperan sebagai antibakteri, anti radang, dan pereda nyeri, yang bisa menjadi cara mengobati sakit gigi. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa minyak cengkeh dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya, tempelkan setetes minyak cengkeh yang telah dicampur satu sendok minyak zaitun ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas, lalu gigit agar tetap berada di gigi yang sakit. Minyak cengkeh bisa Anda dapatkan secara bebas di toko makanan sehat atau apotek.

4. Mengunyah bawang putih

Bawang putih merupakan rempah yang juga dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antibakteri yang berfungsi untuk membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Caranya, kupas satu siung bawang putih, lalu potong atau belah dua, kemudian tempatkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.


Itulah beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, kayu manis, kantung teh celup hangat, teh hijau, daun jambu biji, minyak atau teh oregano, daun ubi jalar, kulit mangga, serta daun bunga matahari, sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Meski demikian, belum ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Anda juga perlu melakukan pencegahan sakit gigi dengan membersihkan gigi secara rutin agar tidak ada bakteri menumpuk yang memicu sakit gigi. Anda bisa menggunakan benang gigi (dental floss) yang berfungsi untuk membersihkan makanan yang tersisa di sela gigi. Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas, namun sakit gigi tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter gigi untuk penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout