Blog

cara mengobati gusi bengkak

5 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Selain menimbulkan rasa nyeri, gusi bengkak juga dapat menyebabkan penderitanya sulit makan. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

Gusi bengkak disebabkan oleh beberapa hal, seperti penumpukan plak, menyikat gigi terlalu keras, infeksi bakteri, jamur, serta kekurangan vitamin B dan vitamin C. Jika Anda mengalami gusi bengkak yang termasuk ringan, berikut beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa dilakukan di rumah:

Berkumur dengan air garam

Cara mengobati gusi bengkak yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Caranya, buat larutan garam dengan mencampur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan garam tersebut selama 30 detik sebanyak 3 kali sehari. Namun, hindari berkumur dengan larutan garam terlalu sering, karena dapat menyebabkan gigi mudah terkikis.

Berkumur dengan minyak nabati

Minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga dapat digunakan sebagai cara meredakan pembengkakan pada gusi. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Metode ini dikenal sebagai oil pulling. Caranya hampir sama seperti berkumur dengan air garam, yaitu ambil 1-2 sendok minyak nabati, lalu berkumurlah selama beberapa detik. Namun, pastikan Anda berhati-hati agar minyak kelapa tidak tertelan. Setelah selesai berkumur, buang minyak dan bersihkan mulut Anda dengan air atau menyikat gigi.

Mengompres dengan menggunakan kantong teh

Cara alami untuk mengobati gusi bengkak lainnya adalah kantong teh. Caranya, seduh kantong teh di dalam secangkir air panas, kemudian angkat dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, aplikasikan langsung ke gusi yang bengkak dan tunggu setidaknya selama 5 menit. Beberapa jenis teh yang bisa Anda gunakan, antara lain teh hijau, teh hitam, atau teh herbal seperti chamomile. Hal ini dikarenakan jenis teh tersebut bersifat antiinflamasi, yang dapat meredakan pembengkakan.

Berkumur air rebusan daun jambu biji

Penelitian menemukan bahwa daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang baik untuk mengatasi gusi bengkak. Caranya, tumbuk 5-6 lembar daun jambu biji muda, kemudian masukkan ke dalam air panas dan masak dengan api kecil selama 15 menit. Setelah dingin, tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan jambu biji dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Ulangi proses ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Mengoleskan bubuk kunyit

Kunyit juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung senyawa yang bersifat antiinflamasi, sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak. Caranya, campurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hangat, lalu aduk hingga kental. Setelah itu, oleskan kunyit yang telah mengental tersebut pada gusi yang bengkak dan diamkan selama 10 menit, kemudian kumur dengan air. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga sakit mereda.

Itulah beberapa cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan di rumah jika masalah yang Anda alami masih bersifat ringan. Namun, jika rasa sakit pada gusi bengkak tidak kunjung hilang dan disertai dengan beberapa gejala, seperti bau mulut, gusi berdarah atau bernanah, dan gigi goyang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout