Blog

cara menghilangkan komedo

5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Salah satu masalah kulit yang kerap terjadi selain jerawat adalah komedo. Komedo muncul karena adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Meskipun tergolong jerawat ringan, komedo tidak hanya muncul pada area wajah, namun terkadang juga muncul di area dada, leher, atau punggung. Hal ini seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Sebelum mengetahui cara menghilangkan komedo, kita perlu mengerti penyebab komedo.

Beberapa penyebab komedo, antara lain kulit berminyak, kebiasaan merokok, penggunaan kosmetik yang menyumbat pori-pori, serta konsumsi makanan yang mengandung gula, susu, atau lemak tinggi. Untuk mengatasinya, ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami berikut.

1. Lidah Buaya

Selain baik untuk rambut, lidah buaya ternyata berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Kandungan antioksidan dan aloin dalam lidah buaya efektif dalam membersihkan komedo yang ada di wajah. Caranya, Anda cukup mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke wajah, diamkan hingga kering, bilas hingga bersih. Agar hasilnya lebih terasa, lakukan secara rutin sekali dalam sehari.

2. Kombinasi Kopi dan Minyak Kelapa

Perpaduan bubuk kopi dengan minyak kelapa adalah cara alami menghilangkan komedo lainnya. Caranya, campurkan setengah cangkir bubuk kopi dengan setengah cangkir minyak kelapa dan aplikasikan ke wajah. Setelah itu, pijat area wajah yang terdapat komedo secara perlahan, diamkan selama lima menit, bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, lembut, dan bersinar, lakukan cara ini secara rutin.

3. Putih Telur 

Kandungan protein pada putih telur ternyata ampuh untuk membersihkan komedo di wajah secara alami dan membuat wajah tampak lebih cerah. Caranya, campurkan putih telur dengan beberapa tetes perasan lemon, aplikasikan ke sekitar area yang terdapat komedo, diamkan hingga mengering. Kemudian, pijat wajah untuk merontokkan olesan. Lakukan secara rutin sekali dalam sehari.

4. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya dikonsumsi untuk sarapan, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo. Dengan bahan yang kaya nutrisi, oatmeal berkhasiat untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk komedo. Berfungsi sebagai pembersih alami, oatmeal membersihkan sel-sel kulit mati dan melonggarkan pori – pori untuk menghilangkan komedo. Oatmeal juga mengandung antioksidan dengan sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menyembuhkan iritasi, menyerap minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Caranya, masak oatmeal yang dicampur air hangat, diamkan hingga mendingin, aplikasikan di area komedo, biarkan selama 10 hingga 20 menit, bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan khasiatnya, lakukan setidaknya sekali dalam sehari.

5. Jus Lemon

Kandungan alpha-hydroxy acid (AHA) dalam jus lemon berfungsi sebagai zat alami untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Lemon juga mengandung vitamin C, antioksidan yang mempercepat produksi kolagen untuk mengurangi jaringan parut akibat jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit. Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu, celupkan kapas ke dalam jus lemon, aplikasikan ke area komedo, diamkan 10 menit, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini sekali dalam sehari untuk hasil yang optimal. 

Itulah 5 cara mudah menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami apa lagi yang menurut Anda mampu menghilangkan komedo di wajah? Yuk, share di kolom komentar!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout