Blog

Cara Menghilangkan Karang Gigig

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami yang Aman untuk Kesehatan

Karang gigi adalah masalah kesehatan gigi yang tidak bisa dianggap remeh. Sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan karang gigi secara alami, Anda perlu memahami apa itu karang gigi. Karang gigi disebabkan oleh sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan sehingga membentuk plak yang mengeras pada gigi dan bisa mengakibatkan iritasi pada gusi. Jika tidak dibersihkan, karang gigi akan semakin berkembang dan menyebabkan penyakit gigi yang lebih serius, yaitu radang gusi. 

Selain berbahaya bagi kesehatan, karang gigi juga akan mempengaruhi rasa percaya diri karena menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan gigi yang menguning. Salah satu solusi jika Anda tidak ingin ke dokter gigi, yaitu melakukan cara menghilangkan karang gigi secara alami. Selain mudah dan praktis, biayanya juga lebih terjangkau. Berikut 5 cara menghilangkan karang gigi, tanpa ke dokter gigi. 

1. Memanfaatkan buah kaya vitamin C

Gunakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, lemon, dan nanas. Kandungan vitamin C dalam buah-buahan tersebut berkhasiat menghilangkan karang gigi, membunuh bakteri di area mulut, dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya, haluskan jeruk/lemon/strawberry hingga berbentuk pasta, aplikasikan ke pasta gigi, dan sikat gigi selama 2 menit. 

2. Mengunyah daun sirih

Sejak lama sirih dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak mengherankan jika banyak orang lanjut usia yang mengunyah sirih untuk alasan kesehatan. Hampir semua bagian dari tanaman sirih bermanfaat sebagai obat, namun yang paling banyak digunakan adalah daunnya. Daun sirih menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan gigi dan mulut. Dengan kandungan antioksidan alami dan zat antibakteri, daun sirih memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan gigi, antara lain mencegah timbulnya karang gigi, mengurangi bakteri di mulut, mengurangi bau mulut, meredakan sakit gigi, dan mencegah gusi bengkak. Caranya, haluskan selembar daun sirih dengan tambahan 1 batang cengkeh, lalu kunyah campuran tersebut. 

3. Mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk gigi dan mulut. Beberapa buah dan sayur yang dianjurkan di antaranya apel, wortel, dan seledri. Mengonsumsi apel, wortel, dan seledri, berkhasiat mempercepat produksi air liur yang berguna untuk menetralkan asam sisa makanan yang memicu gigi berlubang, menjaga kesehatan gusi, menghilangkan karang gigi, dan mencegah bau mulut yang tidak sedap. 

4. Menggunakan kulit Jeruk

Kaya akan vitamin dan nutrisi, jeruk bisa dimanfaatkan sebagai cara alami untuk menghilangkan karang gigi. Caranya, bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu, aplikasikan pada gigi hingga merata, jangan berkumur hingga esok hari, lakukan cara yang sama setiap hari menjelang Anda tidur.

 5. Berkumur dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang memberikan efek antiinflamasi dan antimikroba. Kandungan ini berkhasiat untuk membersihkan karang gigi, mencegah kerusakan gigi, dan menguatkan gigi. Caranya, setelah menyikat gigi, berkumurlah dengan menggunakan sekitar satu sendok makan minyak kelapa, lakukan selama 20 hingga 30 menit. 

Menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan karang gigi adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Bahan alami apa yang sering Anda gunakan? Yuk, share di kolom komentar!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout