Blog

cara menghilangkan bekas luka di kaki

Ini 5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Bagi sebagian besar perempuan, bekas luka di kaki dapat mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki untuk mengatasinya.

Bekas luka merupakan proses alami tubuh dalam penyembuhan luka. Meski sebagian besar bekas luka di kaki tidak hilang sepenuhnya, 5 cara berikut dapat menghilangkan bekas luka di kaki dengan mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Proses penyembuhan bekas luka di kaki pada setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang bisa hilang dengan cepat, namun ada juga membutuhkan waktu yang lama. Debra Jaliman, ahli kulit dari New York, mengatakan bahwa semakin banyak trauma pada kulit, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan bekas luka. Oleh karena itu, berikut 5 cara menghilangkan bekas luka di kaki yang perlu Anda ketahui.

1. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial berfungsi untuk mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru di area yang terdapat bekas luka, sehingga secara efektif dapat membantu menghilangkan bekas luka di kaki. Beberapa minyak esensial yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bekas luka, antara lain minyak lavender, minyak geranium, minyak kayu cedar, minyak biji wortel, serta minyak tea tree.

2. Pijat

Jika bekas luka di kaki disebabkan oleh keloid atau jaringan parut, pijat merupakan cara menghilangkan bekas luka di kaki yang tepat. Meski bekas luka tidak menghilang sepenuhnya, namun dapat terlihat lebih lembut dan rata daripada sebelumnya. Selain itu, pijat juga bermanfaat untuk membantu jaringan bekas luka menempel ke pembuluh darah, tendon, otot, saraf, serta tulang. Anda bisa mendapatkan pijat profesional atau berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui teknik pijat yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

3. Eksfoliasi

Cara menghilangkan bekas luka di kaki berikutnya adalah eksfoliasi. Cara ini berfungsi untuk membantu menghilangkan bekas luka dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan pembersih pengelupasan kulit dan loofah.
  • Setelah kulit mulai terkelupas, keringkan area tersebut, lalu oleskan pelembap.
  • Lakukan cara ini secara rutin, setidaknya setiap tiga hari sekali.

4. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic yang sangat bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka hitam di kaki. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Caranya, sediakan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu, kemudian campur keduanya. Setelah itu, aplikasikan pada bekas luka di kaki.

5. Kentang

Meski belum populer sebagai cara menghilangkan bekas luka, namun kentang dinilai efektif untuk menyamarkan bekas luka dan membuat kulit terlihat sehat. Caranya, iris kentang dengan ketebalan sedang, gunakan potongan tersebut dan aplikasikan ke luka dengan arah memutar, jika kentang mulai kering, ganti dengan irisan kentang yang lain, lakukan cara ini selama 20 menit. Setelah itu, biarkan area kulit kering dengan sendirinya, lalu bilas area luka dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan cara ini setidaknya sekali sehari. 

Itulah 5 cara menghilangkan bekas luka di kaki yang mudah Anda lakukan. Jika bekas luka tidak kunjung hilang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout