Blog

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Hidung tersumbat saat tidur dapat membuat tidur tidak nyenyak dan menurunkan kualitas tidur. Kondisi ini bisa dipicu oleh infeksi virus, paparan allergen, serta mengalami penyakit tertentu, seperti sinusitis. Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur?

Hidung tersumbat muncul ketika terjadi pembengkakan pada jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung atau karena adanya cairan berlebih di bagian tersebut. Berikut cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya hidung tersumbat, seperti flu, pilek, terpapar zat penyebab alergi (alergen), atau mengalami sinusitis. Berikut beberapa cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur:

1. Mengatur posisi tidur

Mengatur posisi tidur adalah salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur di malam hari. Cobalah untuk tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi untuk mencegah cairan lendir yang menumpuk di hidung, yang bisa memperparah sumbatan. Tidur dalam posisi duduk atau setengah duduk juga bisa dicoba sebagai variasi.

2. Menggunakan mesin diffuser

Menggunakan mesin diffuser dengan minyak esensial, seperti tea tree oil, dan minyak peppermint, diketahui dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Riset menemukan bahwa tea tree oil memiliki kandungan antiradang dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi penyumbatan pada hidung. Selain itu, minyak peppermint juga bisa dimasukkan ke dalam diffuser untuk membuat Anda lebih nyaman dalam bernapas.

3. Menambah tumpukan bantal

Hidung tersumbat biasanya akan semakin parah di malam hari, karena posisi tidur dapat menyulitkan hidung dan sinus mengering dari lendir yang menyumbatnya. Hal ini berarti lendir dapat menggenang di bagian kepala dan membuat Anda sulit bernapas, sehingga menimbulkan sakit kepala sinus keesokan harinya. 

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan posisi tidur yang tepat saat hidung tersumbat. Cobalah angkat kepala Anda dengan menambahkan 1-2 bantal agar lendir yang menyumbat hidung dapat dikeluarkan.

4. Mandi air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur lainnya adalah mandi air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat membantu mengurangi rasa tidak nyaman akibat hidung tersumbat. Uap hangat membantu mengencerkan lendir, sehingga bisa keluar dengan lebih mudah.

5. Mengonsumsi obat

Mengonsumsi obat-obatan juga bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Obat-obatan biasanya digunakan jika hidung tersumbat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti flu atau pilek. 

Perlukah Hidung Tersumbat Diperiksa ke Dokter?

Hidung tersumbat umumnya tidak berbahaya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh alergi atau penyakit tertentu, seperti flu, pilek, dan sinusitis. Namun, jika hidung tersumbat saat tidur dialami oleh bayi, orang lanjut usia (lansia), atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, Anda perlu waspada jika hidung tersumbat disertai beberapa gejala berikut:

  • Demam tinggi.
  • Sulit bernapas.
  • Ingus berdarah.
  • Ingus yang seperti nanah.
  • Ingus yang berwarna kuning atau hijau disertai demam dan nyeri pada sinus.

Jika Anda mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout