Blog

Buah yang Mengandung Vitamin C

5 Buah yang Mengandung Vitamin C: Cegah Kanker Hingga Imun Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang memiliki beragam manfaat. Mulai dari membantu penyerapan zat besi, menghasilkan kolagen, hingga meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, Anda perlu mengonsumsi beragam buah yang banyak mengandung vitamin C.

Banyak yang beranggapan jika jeruk merupakan sumber alami terbaik untuk mendapatkan vitamin C. Namun, sebenarnya sumber alami vitamin C tidak hanya jeruk. Ada banyak buah yang mengandung vitamin C yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

5 Buah yang Mengandung Vitamin C

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah kanker, jantung, dan stroke. Selain jeruk, ada banyak jenis buah yang mengandung vitamin C. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

  1. Kiwi

Tahukah Anda, kandungan vitamin C dalam kiwi ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Faktanya, kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,7 miligram per buahnya, bandingkan dengan jeruk yang hanya mengandung 71 miligram vitamin C. Selain vitamin C, kiwi juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, serta asam lemak omega-3 dan mineral, yang penting untuk menurunkan risiko stroke.

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C, bahkan kandungannya lebih tinggi dari kiwi. Dalam satu pepaya terkandung 94 miligram vitamin C. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, pepaya berkhasiat untuk memperkuat tulang dan merawat kulit. Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium, yang memiliki beragam manfaat. Mulai dari melancarkan sistem pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

  1. Nanas

Setengah gelas buah nanas atau sekitar 125 ml mengandung sekitar 39-49 vitamin C. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Selain vitamin C, nanas juga mengandung zat yang disebut Bromelain. Zat ini adalah enzim pencernaan yang berfungsi untuk memecah protein pada makanan, serta mengurangi rasa kembung pada perut.

  1. Stroberi

Dalam 125 ml stroberi, mengandung sekitar 52 miligram vitamin C. Manfaat kesehatan stroberi juga diperkuat dengan beragam nutrisi lainnya, antara lain antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, iodium, dan fluor. Semua nutrisi tersebut berfungsi untuk mencegah kanker, penuaan, peradangan, dan gangguan syaraf.

  1. Mangga

Meski kadarnya tidak setinggi buah-buahan di atas, namun mangga tetap bisa Anda jadikan sebagai pilihan buah yang mengandung vitamin C. Tidak hanya itu, mangga juga diperkaya dengan beragam nutrisi lainnya, seperti polifenol yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah risiko usus besar dan kanker payudara.

Pentingnya Mengonsumsi Vitamin C

Setiap orang dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C setiap hari. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C. Hal ini penting karena vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  1. Berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mencegah kanker, jantung, dan penuaan dini.
  2. Meningkatkan sistem imun tubuh dan mempercepat proses pemulihan.
  3. Berperan dalam memproduksi kolagen, yaitu protein yang berfungsi untuk mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, dan menjaga keremajaan kulit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout