Blog

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cara meluruskan rambut dengan bahan alami yang cukup aman berikut.

4 Cara Meluruskan Rambut Dengan Bahan Alami: Susu Hingga Lidah Buaya

Rambut lurus menjadi idaman bagi sebagian orang, karena lebih mudah ditata dan bergaya. Banyak cara untuk mendapatkan rambut lurus secara cepat, seperti penggunaan alat dan bahan kimia. Namun, cara tersebut bisa membahayakan dan merusak rambut jika dilakukan terus-menerus.

Menggunakan alat dengan suhu panas dan bahan kimia memang bisa meluruskan rambut secara cepat. Namun, penggunaannya dalam jangka panjang, bisa menyebabkan rambut rontok secara berlebihan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cara meluruskan rambut dengan bahan alami yang cukup aman berikut.

Cara Meluruskan Rambut dengan Bahan Alami

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk meluruskan rambut:

1. Susu dan madu

Susu dan madu adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut. Susu mengandung protein yang bermanfaat untuk menambah kekuatan rambut dan lemak yang terkandung dalam susu juga bisa membantu menghaluskan rambut. Sedangkan, madu dikenal sebagai pelembap alami yang dapat menambah kilau pada rambut. 

Untuk menggunakannya, ambil satu sendok makan madu, dan campurkan dengan susu untuk melembutkan dan meluruskan rambut. Kombinasi keduanya juga bisa dimasukkan ke dalam botol semprot. Anda dapat menyemprot rambut dengan larutan tersebut setelah keramas. Lalu, diamkan selama dua menit untuk hasil yang maksimal, dan bilaslah dengan menggunakan air biasa.

2. Pisang

Selain bermanfaat untuk membantu meluruskan rambut secara alami, pisang juga dapat memberikan nutrisi mendalam untuk rambut. Cara menggunakannya, ambilah dua buah pisang yang sudah terlalu matang sebelum menjadi busuk, haluskan pisang tersebut dengan menggunakan garpu dan campurkan dengan madu, yoghurt, dan minyak zaitun, masing-masing dua sendok makan. 

Kemudian, blender campuran tersebut untuk membuatnya semakin halus seperti pasta. Oleskan pasta tersebut secara merata pada rambut, dan bungkus rambut Anda dengan shower cap agar tidak berantakan. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan menggunakan air.

3. Telur dan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang digunakan untuk meluruskan rambut. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung hidroksitirosol dan vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi rambut. 

Selain itu, struktur kimia minyak alami pada tubuh diketahui memiliki kesamaan dengan minyak zaitun. Sedangkan, telur mengandung vitamin, mineral, serta asam lemak yang baik untuk kesehatan rambut. Untuk menggunakannya, Anda dapat mencampur dua butir telur dengan minyak zaitun. Lalu, oleskan pada rambut secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cucilah rambut hingga bersih.

4. Ekstrak lidah buaya

Cara meluruskan rambut secara alami lainnya adalah lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan dapat membuatnya halus dan lembut. Selain itu, ekstrak lidah buaya juga dapat meresap ke dalam helai rambut dengan mudah dan menjaga tingkat kelembapan kulit kepala. 
Untuk menggunakannya, campurkan setengah cangkir masing-masing gel lidah buaya dan minyak zaitun hangat. Lalu, pijat campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, biarkan meresap ke helai rambut. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar satu hingga dua jam. Setelah itu, cucilah rambut dengan menggunakan sampo ringan, diikuti dengan penggunaan kondisioner.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout