Blog

Berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

3 Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

Tidur yang berkualitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena dengan tidur cukup dapat membantu memulihkan energi dan menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur adalah menerapkan posisi tidur yang nyaman dan aman. Ketahui beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Posisi tidur yang baik memiliki efek positif pada kesehatan tubuh dan kenyamanan saat tidur. Berikut beberapa posisi tidur yang baik untuk kesehatan.

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat Anda lebih cepat tidur, salah satunya posisi tidur yang baik. Berikut beberapa cara tidur yang baik untuk kesehatan yang dapat Anda coba: 

1. Miring

Posisi tidur miring menjadi pilihan banyak orang dan posisi tidur miring dapat membantu mengurangi dengkuran dan membantu memperbaiki kualitas tidur. Posisi tidur ini juga diduga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson, serta dianjurkan untuk penderita sleep apnea dan penderita penyakit asam lambung. 

Namun, posisi tidur miring memiliki kekurangan, yaitu memicu garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Tidur miring juga cenderung mengganggu sirkulasi dan membatasi pernapasan di diafragma serta menimbulkan kekakuan bahu, sehingga memicu perasaan tidak nyaman dan kesemutan yang membuat Anda terbangun di malam hari.

2. Telentang

Posisi tidur ini memungkinkan kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi sejajar. Dengan demikian, tidak ada tekanan ekstra pada tubuh dan tidak menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu. Selain itu, tidur telentang dapat membantu meredakan nyeri pinggul dan lutut. Posisi tidur telentang juga bisa mencegah naiknya asam lambung, sehingga mengurangi gejala penyakit asam lambung (misalnya GERD). 

3. Tengkurap

Tidak banyak yang memilih posisi tidur ini, karena bisa menambah tekanan pada sendi, otot leher, saraf, dan perut. Selain itu, posisi leher yang hanya menghadap ke satu sisi selama berjam-jam dapat menyebabkan nyeri, kebas, atau kesemutan. Meski demikian, tengkurap bisa menjadi posisi tidur yang baik bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengkur untuk membantu mengurangi mendengkur dan apnea tidur, atau tidak sedang menderita nyeri leher atau punggung. Namun, jika Anda ingin mencoba posisi ini, dianjurkan menaruh bantal untuk menyangga dahi dan memposisikan wajah atau kepala menghadap ke bawah, bukan kiri atau kanan. Hal ini bertujuan agar Anda bisa bernapas dengan baik.

Posisi Tidur yang Baik Saat Hamil

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil adalah menyamping ke sisi kiri. Posisi ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke plasenta dan bayi di dalam kandungan, serta mencegah rahim menekan organ hati. Jika ibu hamil merasa tidak nyaman dengan posisi tidur miring ke kiri selama hamil, coba sesekali ubah posisi miring ke kanan untuk mengurangi tekanan pada pinggul kiri. Bumil juga dapat meletakkan bantal di bawah punggung untuk mengurangi pegal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout