Blog

Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

3+ Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Sakit gigi biasanya menimbulkan rasa nyeri yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain menggunakan obat-obatan, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi yang efektif.

Sakit gigi tidak hanya dirasakan pada bagian gigi saja, namun juga bisa terasa hingga ke gusi dan mulut. Untuk membantu mengatasinya, Anda bisa menerapkan cara meredakan sakit gigi dengan menggunakan rempah-rempah hingga bumbu masakan berikut: 

Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

Berikut beberapa cara untuk membantu meredakan sakit gigi secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh bisa menjadi salah satu pilihan untuk meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan juga berperan sebagai antiradang, dan pereda nyeri, sehingga dapat membantu mengatasi peradangan dan meredakan nyeri karena sakit gigi. Caranya, campurkan setetes minyak cengkeh dengan satu sendok minyak zaitun, lalu aplikasikan ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball), kemudian gigit agar tetap menempel di gigi yang sakit. Untuk menggunakan minyak cengkeh, Anda bisa membelinya di toko makanan sehat atau apotek.

2. Berkumur dengan air garam


Cara meredakan sakit gigi secara alami lainnya adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Caranya, cukup campurkan satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Air garam merupakan disinfektan alami dan dapat membantu meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

3. Kompres dengan menggunakan es batu

Sambil menunggu efek obat sakit gigi yang mulai bekerja, Anda juga bisa melakukan kompres dengan menggunakan es batu untuk membantu mengurangi pembengkakan pada gusi dan gigi yang bengkak. Caranya, lapisi batu es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit selama 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam

4. Mengunyah bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki efek antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Caranya, siapkan satu siung bawang putih, kemudian kupas terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Setelah itu, tempatkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.

Selain beberapa cara alami di atas, Anda juga bisa mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa, teh hijau, kayu manis, daun jambu biji, daun ubi jalar, kulit mangga, dan daun bunga matahari. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bahan-bahan alami tersebut untuk membantu mengobati sakit gigi.

Selain mengobati, Anda juga bisa mencegah terjadinya sakit gigi dengan membersihkan gigi secara rutin untuk mencegah bakteri menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit, serta menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan makanan yang tersisa di sela gigi.

Dengan melakukan cara meredakan sakit gigi secara alami di atas, maka dapat mengurangi ketidaknyamanan Anda dalam beraktivitas. Sebelum mengonsumsi bahan-bahan alami atau obat apapun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika sakit gigi tidak kunjung hilang, bahkan bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter gigi.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout