Blog

cara menghilangkan bruntusan di wajah

3+ Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Bruntusan adalah kondisi ketika permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata. Bruntusan bisa muncul pada bagian tubuh mana pun selama bagian tubuh tersebut masih tertutupi kulit. Bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah?

Meski tidak berbahaya, bruntusan dapat mengganggu penampilan seseorang. Terlebih, jika kemunculannya hampir di seluruh wajah. Untuk mengatasi hal ini, berikut cara menghilangkan bruntusan di wajah yang perlu Ada ketahui. 

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Menerapkan perawatan dasar kulit yang tepat adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bruntusan di wajah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Rutin membersihkan wajah, ketika bangun dan sebelum tidur, akan membantu mengurangi bruntusan di wajah. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi Anda yang setiap hari menggunakan makeup, Anda bisa membersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover yang berbasis air, seperti micellar water, atau yang berbasis minyak untuk membersihkan makeup waterproof di wajah.

Pastikan Anda membersihkan wajah sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa makeup yang masih menempel, karena sisa makeup yang menempel bisa menjadi salah satu pemicu munculnya komedo.

2. Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, cara menghilangkan bruntusan di wajah berikutnya adalah menggunakan pelembap secara teratur. Setiap orang, terlepas apa pun jenis kulitnya, wajib menggunakan pelembap. Agar hasilnya efektif, Anda juga bisa menggunakan toner dan serum sebelum menggunakan pelembap. Apa pun produk perawatan kulit yang Anda gunakan, pastikan memilih sesuai dengan jenis kulit wajah, serta target masalah yang ingin Anda atasi. 

3. Mengoleskan tabir surya

Pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Terlebih, bagi Anda yang setiap hari beraktivitas di luar ruangan, perawatan ini tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya efektif untuk mencegah bruntusan di wajah semakin parah, tabir surya, seperti sunscreen dan sunblock, juga penting untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari yang bisa memicu risiko kanker kulit. 

Gunakan tabir surya setelah menggunakan pelembap. Pastikan seluruh kulit yang tidak tertutup, dioleskan tabir surya secara merata. Setiap 2-3 jam sekali, oleskan kembali tabir surya di seluruh permukaan kulit.

4. Eksfoliasi

Eksfoliasi juga merupakan cara menghilangkan bruntusan di wajah yang tidak kalah penting. Eksfoliasi adalah prosedur menghilangkan sel-sel kulit mati. Perawatan ini dapat dilakukan secara berkala, seperti setiap seminggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang tepat sesuai jenis kulit Anda.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Munculnya bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti iritasi wajah, komedo, dermatitis, milia, folikulitis (peradangan pada folikel rambut), dan keratosis seboroik. Namun, komedo adalah salah satu penyebab bruntusan yang paling sering terjadi.

Seperti halnya jerawat, komedo terbentuk dari penumpukan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat ini bisa dipicu oleh beberapa hal berikut:

  • Stres.
  • Perubahan hormon.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Produksi keringat berlebih.
  • Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok.
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik, misalnya menyentuh kulit dengan tangan kotor.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout