Blog

cara agar rambut tidak kering

3+ Cara agar Rambut Tidak Kering dan Mengembang

Rambut kering dan mengembang tidak jarang mengganggu penampilan. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan beragam cara agar rambut tidak kering dan mengembang. Ketahui berbagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang mudah dan cepat.

Penggunaan sampo dan kondisioner yang tepat adalah kunci agar rambut tidak kering dan mengembang. Selain itu, menggunakan bahan-bahan perawatan rambut alami juga bisa menjadi cara agar rambut tidak kering. Berikut penjelasan lengkapnya.

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Rambut kering disebabkan oleh kulit kepala yang tidak bisa memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut atau rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut).

Selain itu, berikut beberapa faktor yang menyebabkan rambut kering dan mengembang:

  • Kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow.
  • Terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo berbahan kimia yang keras.
  • Sering melakukan styling dengan menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut.
  • Membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup.
  • Sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut secara permanen.

Cara agar Rambut Tidak Kering dan Mengembang

Berikut beberapa cara agar rambut tidak kering dan mengembang yang bisa Anda lakukan:

1. Hindari terlalu sering mencuci rambut

Jika Anda memiliki rambut kering dan mengembang, hindari mencuci rambut setiap hari, karena kebiasaan ini justru membuat rambut bertambah kering dan rusak. Anda sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencuci rambut saat sudah terasa kotor.

2. Gunakan sampo yang tepat

Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut atau sampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Untuk mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepala, Anda bisa memilih sampo yang mengandung dimethicone. 

Salah satu pemicu terjadinya rambut kering adalah kulit kepala yang kering. Kondisi ini juga dikaitkan dengan munculnya ketombe. Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih sampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.

Anda juga bisa memilih sampo yang mengandung zinc pyrithione dan mentol. Selain mencegah dan mengatasi ketombe, kedua kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe basah, dan memberikan sensasi menyegarkan di kulit kepala.

3. Gunakan kondisioner setelah keramas

Cara agar rambut tidak kering dan mengembang lainnya adalah menggunakan kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Kondisioner dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut Anda. Selain itu, kondisioner juga bisa membuat rambut menjadi lembap dan sehat.

4. Oleskan minyak alami

Selain kondisioner, Anda juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, melembutkan, dan memperkuat rambut hingga ke akarnya adalah minyak zaitun.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, melembapkan rambut, sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout