Waktu yang Tepat Minum Suplemen Vitamin B Complex

waktu yang tepat minum vitamin b complex

Waktu yang Tepat Minum Suplemen Vitamin B Complex

Vitamin B complex merupakan beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B complex, Anda juga bisa minum suplemen vitamin B complex untuk memenuhi asupan vitamin B.

Mengonsumsi suplemen vitamin B complex adalah salah satu cara untuk mencukupi asupan vitamin B. Agar manfaatnya optimal, ketahui kapan waktu yang tepat minum suplemen vitamin b complex berikut.

Waktu yang Tepat Minum Vitamin B Complex

Vitamin B complex merupakan kombinasi dari 8 jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12, yang memiliki manfaat masing-masing.

Dikutip dari Medicalnewstoday, waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin B complex adalah setelah bangun tidur. Hal ini dikarenakan vitamin B paling efektif saat perut masih kosong, sehingga dapat membantu penyerapan vitamin lebih optimal. 

Selain itu, salah satu manfaat vitamin B complex adalah meningkatkan energi, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktivitas. Vitamin B complex yang dikonsumsi sore atau malam hari akan berpotensi memengaruhi tidur Anda.

Dokter umumnya merekomendasikan 100 mg vitamin B complex per hari. Namun, dosis vitamin B complex tergantung pada kondisi seseorang, terutama saat sedang hamil, memiliki masalah kesehatan kronis, atau vegetarian.

Dosis Vitamin B Complex yang Tepat

Berikut dosis vitamin B complex yang tepat agar kadarnya tidak berlebihan:

  1. Vitamin B1: 1,2 – 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 0,9 – 1,1 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Vitamin B2: 1,3 – 1,6 miligram untuk pria dewasa dan 1,1 – 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Vitamin B6: 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Niasin: 13 – 14 miligram untuk pria dewasa dan 10 – 11 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Asam pantotenat: 5 miligram untuk pria dewasa dan 4 – 5 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Asam folat: 240 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  1. Biotin: 2,14 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  1. Vitamin B12: 50 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.

Tips Mengonsumsi Vitamin B Complex 

Vitamin B complex memiliki manfaatnya masing-masing. Agar manfaatnya sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Vitamin B1 untuk mendukung metabolisme karbohidrat

Anda sedang dalam program diet atau banyak mengonsumsi karbohidrat atau makanan manis? Vitamin B1 adalah jenis suplemen yang direkomendasikan untuk Anda. Fungsi vitamin B1 adalah mengubah nutrisi tersebut menjadi energi, sehingga efektif untuk digunakan kembali saat kelelahan.

2. Vitamin B2 untuk mencegah kanker

Vitamin B2 berfungsi untuk membantu metabolisme lipid/lemak. Ketika minyak teroksidasi, maka akan berubah menjadi lipid peroksida yang berisiko merusak membran sel dan DNA, serta menimbulkan aterosklerosis, sehingga memicu timbulnya kanker.

3. Vitamin B6 untuk metabolisme asam amino

Beberapa manfaat vitamin B6, antara lain menjaga sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot, dan membantu proses metabolisme asam amino. Vitamin B6 juga berfungsi untuk membantu metabolisme protein dan mengubahnya menjadi energi yang bisa digunakan. Oleh karena itu, vitamin B6 sangat dianjurkan bagi Anda yang hobi olahraga, lari maraton, dan latihan ketahanan tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout