Blog

vitamin ibu hamil trimester 1

Vitamin Ibu Hamil Trimester 1, Penting untuk Perkembangan Janin

Trimester 1 kehamilan ditandai dengan terjadinya pembuahan, pembentukan embrio, implantasi pada rahim, serta pembentukan janin hingga genap 3 bulan. Oleh karena itu, dibutuhkan vitamin ibu hamil trimester 1 yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan janin.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Trimester 1 adalah fase yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan mendukung perkembangan janin. Dengan mengonsumsi vitamin yang tepat, ibu dan janin akan terpenuhi asupan nutrisinya. Apa saja vitamin ibu hamil trimester 1 yang dianjurkan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Asam Folat

Salah satu vitamin yang vital untuk masa awal kehamilan adalah vitamin B9 atau yang dikenal sebagai asam folat. Hal ini dikarenakan asam folat berperan penting dalam pembentukan sel-sel baru, terutama pembentukan material genetik DNA, sehingga sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam rahim. Pada masa awal kehamilan, proses perkembangan janin terus berlangsung, sehingga membutuhkan banyak asupan nutrisi penting, seperti asam folat. Beberapa sumber alami asam folat, yaitu sayuran hijau, gandum utuh, kacang-kacangan, serta sereal.

2. DHA

Vitamin ibu hamil trimester 1 yang dianjurkan selanjutnya adalah DHA. Vitamin ini berperan dalam mendukung perkembangan saraf dan otak janin, serta menjaga kesehatan ibu hamil selama kehamilan. Selain itu, asupan DHA yang tercukupi akan membantu mengoptimalkan panjang dan berat lahir bayi. Para ahli merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi DHA sebanyak 300 miligram selama trimester pertama kehamilan.

3. Vitamin A

Vitamin A berperan dalam pertumbuhan janin, terutama mata, jantung, hati, paru-paru, tulang, dan sistem saraf. Ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A sebanyak 770 mikrogram, dengan dosis maksimal 1.000 mikrogram per hari. Agar tetap aman, pastikan jangan melebihi dosis tersebut. Jika berlebihan, akan berisiko menyebabkan kelahiran cacat dan keracunan hati, terutama vitamin A dalam bentuk suplemen. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin A selama kehamilan trimester 1 melalui sumber alami, seperti sayuran dan buah-buahan.

4. Vitamin D dan Kalsium

Vitamin ibu hamil trimester 1 lainnya adalah vitamin D dan kalsium. Hal ini dikarenakan vitamin D berperan penting dalam proses penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor, sehingga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan kalsium berfungsi untuk membantu kerja sistem dan otot, serta melancarkan peredaran darah. Untuk mencukupi asupan vitamin D dan kalsium, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium, seperti brokoli dan kale, yogurt atau keju, ikan salmon, serta jenis ikan berlemak lainnya. Jika merasa masih kekurangan asupan vitamin D, ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen vitamin D. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen apapun, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, agar dosisnya tepat.

5. Vitamin B6

Selama kehamilan, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah yang merupakan gejala yang berhubungan dengan morning sickness. Untuk mengurangi gejala ini, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin B6 atau piridoksin. Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam memproduksi norepinefrin dan serotonin, yaitu dua jenis zat yang diperlukan tubuh. Beberapa sumber vitamin B6, antara lain kacang tanah, gandum utuh, pisang, serta kacang polong.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout