Vitamin dan Mineral: Jenis dan Manfaatnya

Vitamin dan Mineral: Jenis dan Manfaatnya

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Asupan vitamin dan mineral harian yang tercukupi penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi organ tubuh dan proses metabolisme. Ketahui jenis dan manfaat multivitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Ada beragam vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Apa saja jenis dan manfaat vitamin dan mineral? Simak penjelasan berikut.

Jenis dan Manfaat Vitamin dan Mineral

Ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang harus Anda penuhi setiap harinya, yaitu:

1. Vitamin A

Untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, konsumsi vitamin A secara rutin. Vitamin ini juga baik untuk meningkatkan imun tubuh. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, misalnya bayam, kentang, wortel, mangga, dan tomat.

2. Vitamin B Kompleks

Ada delapan jenis vitamin B dengan fungsinya masing-masing. Vitamin B1 untuk mengoptimalkan pertumbuhan jaringan tubuh, vitamin B9 untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin, serta vitamin B6 dan vitamin B12 untuk kesehatan otak dan metabolisme protein. Makanan yang mengandung vitamin B kompleks, misalnya ikan, telur, daging, buah, sayuran, kacang, dan susu.

3. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mencukupi asupan vitamin D setiap hari, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi vitamin D, misalnya ikan, jamur, susu, dan jus. Selain itu, vitamin D bisa dihasilkan secara alami oleh tubuh ketika terpapar sinar matahari. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari jam 7-10 pagi selama 15 menit sebanyak 2 kali seminggu. Namun, hindari berjemur di atas jam tersebut, karena berisiko pada kulit. Jika Anda beraktivitas di luar rumah pada siang hari, gunakan juga sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

4. Vitamin E

Kandungan antioksidan dalam vitamin E berfungsi untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Konsumsi makanan tinggi vitamin E, misalnya sayuran hijau, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan telur.

5. Zinc

Mineral juga penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatah tubuh, misalnya zinc. Meski demikian, zinc tidak bisa diproduksi oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan tinggi zinc, misalnya telur, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Zinc berfungsi untuk mengoptimalkan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Mineral ini juga penting diberikan kepada anak-anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

6. Kalsium

Kalsium adalah mineral yang penting untuk tubuh lainnya. Mineral ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, sehingga terhindar dari osteoporosis. Kalsium juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengoptimalkan otot dan saraf, sehingga berfungsi dengan baik. Untuk mencukupi asupan kalsium harian, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan, keju, susu, yoghurt, dan sayuran hijau, misalnya bayam dan brokoli.

7. Selenium

Mineral ini terkandung di air dan beragam makanan, misalnya daging sapi, kacang-kacangan, telur, dan ikan tuna. Meski hanya dibutuhkan sedikit, namun selenium memiliki sifat antioksidan yang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout