Blog

tips puasa bagi ibu menyusui

Tips Puasa bagi Ibu Menyusui agar Kualitas ASI Terjaga

Bagi ibu menyusui, ada kekhawatiran jika puasa dapat mempengaruhi kandungan gizi dan produksi ASI. Meski demikian, sebenarnya puasa bagi ibu menyusui tidak mempengaruhi kualitas ASI. Oleh karena itu, ada tips puasa bagi ibu menyusui agar puasa tetap aman dan nyaman.

Berkurangnya jumlah asupan kalori yang dikonsumsi selama berpuasa sebenarnya tidak berpengaruh pada jumlah ASI yang diproduksi. Bagaimana cara ibu menyusui tetap aman selama berpuasa? Berikut tips puasa bagi ibu menyusui yang perlu Anda ketahui. 

Tips Puasa bagi Ibu Menyusui

Dari segi nutrisi, berpuasa memang sedikit mengurangi kadar vitamin dan mineral, seperti magnesium, kalium, dan seng, namun hal tersebut tidak banyak memengaruhi kesehatan bayi. Sebenarnya, ibu menyusui tidak wajib berpuasa, namun jika Anda ingin tetap menjalankan ibadah puasa, berikut tips aman puasa yang bisa diterapkan ibu menyusui:

1. Jangan lewatkan sahur

Sahur tidak boleh terlewatkan bagi ibu menyusui. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi cadangan nutrisi dan kalori selama berpuasa. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur agar nutrisi Anda tercukupi dan tetap bertenaga sepanjang hari. 

2. Hindari melakukan aktivitas fisik berat

Tips puasa bagi ibu menyusui berikutnya adalah tidak melakukan aktivitas fisik berat yang bisa menyebabkan kelelahan. Usahakan untuk memperbanyak istirahat di sela-sela kegiatan agar tubuh Anda tidak kekurangan energi.

3. Konsumsi makanan bergizi

Selama berpuasa, ibu menyusui harus memenuhi asupan nutrisi, termasuk protein, serat, karbohidrat, lemak sehat, vitamin dan mineral, seperti asam folat, vitamin B, vitamin D, zat besi, zinc, kalsium, dan selenium. Agar asupan nutrisi ibu menyusui dan bayi tetap tercukupi selama berpuasa, berikut beberapa jenis makanan yang direkomendasikan:

  • Sayura-sayuran, seperti kol, tomat, brokoli, kentang, dan jamur
  • Buah-buahan, seperti jeruk, mangga, pisang, dan alpukat
  • Makanan laut, seperti ikan dan kerang, namun hindari ikan yang mengandung merkuri
  • Kacang-kacangan, seperti almond, kedelai, dan kenari
  • Telur
  • Daging sapi, domba, atau hati
  • Susu dan olahannya, seperti keju dan yogurt

4. Minum air putih yang cukup

Berpuasa sambil menyusui dapat membuat ibu menyusui berisiko mengalami dehidrasi. Pastikan asupan cairan Anda tercukupi dengan minum air putih, minimal sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Minumlah 2-3 gelas air putih saat sahur dan 5-6 gelas air putih saat berbuka.

Hentikan Puasa Jika Mengalami Kondisi Ini

Meski menyusui saat berpuasa tidak berpengaruh secara signifikan pada kualitas dan jumlah ASI, namun kondisi setiap ibu menyusui dan bayi berbeda-beda. Ibu menyusui disarankan untuk tidak berpuasa jika mengalami beberapa keluhan berikut:

  • Demam
  • Kelelahan atau lemas
  • Sakit kepala
  • Pingsan
  • Rasa haus yang parah
  • Urine berwarna kuning pekat dan berbau tajam

Itulah beberapa tips puasa bagi ibu menyusui. Jika Anda masih merasa khawatir kualitas dan jumlah nutrisi ASI tidak cukup bagi bayi, Anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum berpuasa. Agar kualitas dan jumlah ASI ibu tetap terjaga, dokter mungkin akan memberikan suplemen dan menyarankan pola makan tertentu selama berpuasa.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout