Tidur Siang yang Baik Jam Berapa? Ini Penjelasannya

Agar manfaatnya lebih optimal, tidur siang yang baik jam berapa? Simak penjelasan berikut.

Tidur Siang yang Baik Jam Berapa? Ini Penjelasannya

Tidur siang merupakan aktivitas yang umumnya dilakukan untuk memulihkan tubuh. Setiap orang membutuhkan tidur siang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, sebelum melanjutkan aktivitas kembali. Lalu, tidur siang yang baik jam berapa?

Tidak hanya untuk memulihkan diri, tidur siang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, seperti meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Agar manfaatnya lebih optimal, tidur siang yang baik jam berapa? Simak penjelasan berikut.

Tidur Siang yang Baik Jam Berapa?

Waktu tidur siang yang ideal adalah sekitar pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00. Selain itu, tidur siang yang baik adalah tidur siang dengan durasi yang cukup dan tidak berlebihan.

Dikutip dari National Sleep Foundation dalam Swedishamerican.org, durasi tidur siang terbaik adalah selama 20 atau 90 menit. Durasi tersebut dinilai dapat mengoptimalkan manfaat yang akan diperoleh dari tidur siang.

Manfaat Tidur Siang

Tidur siang memiliki manfaat untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran dari rasa jenuh, lelah, atau tegang. Namun, manfaat tidur siang tidak hanya sebatas mengistirahatkan tubuh. Berikut beberapa manfaat lain yang Anda dapatkan ketika tidur siang dalam durasi dan waktu yang tepat:

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur siang, setidaknya 15-30 menit, dapat lebih fokus dan produktif, dibandingkan orang yang yang tidak tidur siang. Tidur siang yang cukup juga dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak.

2. Memperbaiki suasana hati

Manfaat tidur siang yang cukup lainnya adalah memperbaiki mood atau suasana hati. Ketika seseorang mengalami stres atau gelisah, sebaiknya lakukan relaksasi, salah satunya tidur siang dalam durasi yang tepat. Saat stres terkendali, Anda pun akan merasa lebih santai dan suasana hati bisa membaik. Hal ini dapat mengurangi risiko Anda terkena gangguan mental, seperti depresi.

3. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang yang cukup juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Penelitian menemukan bahwa tidur siang secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, serta kemampuan untuk mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

4. Menurunkan tekanan darah

Menjaga tekanan darah tetap stabil juga merupakan salah satu manfaat yang Anda dapatkan dari tidur siang. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang dan tidur malam yang cukup memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi. Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

5. Menambah jam tidur

Tidur siang yang cukup bisa menjadi solusi bagi Anda yang mungkin bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, sehingga kurang tidur di malam hari. Untuk orang yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, pembagian waktu tidur menjadi 1-1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, bisa menjadi pilihan. Pola tidur ini disebut tidur bifasik.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur siang atau tidur di malam hari, terutama jika sudah membuat Anda merasa kelelahan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout