Blog

tanda tanda haid

Agar Lebih Siap, Kenali Tanda-Tanda Haid Ini

Meski semua perempuan memiliki siklus alami menstruasi, namun tidak semua perempuan tahu kapan menstruasi akan datang. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda haid untuk mengantisipasi gejala yang muncul.

Setiap perempuan memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada yang lancar dan bisa diprediksi, namun ada juga yang tidak teratur dan sulit diprediksi. Agar aktivitas Anda berjalan dengan lancar, berikut tanda-tanda haid yang perlu Anda kenali.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Kenali Tanda-Tanda Haid

Tanda-tanda menstruasi atau yang lebih dikenal sebagai Premenstrual syndrome (PMS) biasanya terjadi sekitar satu hingga dua minggu sebelum menstruasi datang. Saat menstruasi, tanda-tanda tersebut akan berhenti dengan sendirinya. Berikut tanda-tanda yang dikenal sebagai PMS yang perlu Anda ketahui:

1. Perut kembung

Perut kembung biasanya disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan juga makanan yang Anda konsumsi. Untuk mengatasi gejalanya, Anda dianjurkan untuk banyak makan buah dan sayuran, serta berolahraga secara teratur menjelang dan selama menstruasi.

2. Muncul jerawat

Jerawat merupakan salah satu tanda haid yang umum terjadi. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron menjelang menstruasi. Hormon tersebut juga meningkatkan produksi minyak (sebum), yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori, sehingga mengakibatkan jerawat.

3. Payudara terasa nyeri

Tanda-tanda haid berikutnya adalah payudara terasa nyeri. Menjelang menstruasi, payudara bisa terasa sakit dan bengkak. Meski belum dipastikan, namun penyebabnya diduga disebabkan oleh kadar prolaktin (hormon menyusui) yang tinggi.

4. Nafsu makan meningkat

Menjelang menstruasi, nafsu makan Anda akan meningkat. Cokelat, makanan manis, dan makanan asin, merupakan jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh perempuan yang mengalami Premenstrual syndrome (PMS). 

5. Perut dan punggung bagian bawah terasa kram

Sebagian besar perempuan sering mengalami kram di bagian perut dan punggung bawah menjelang menstruasi. Pada umumnya, tanda haid ini terjadi pada 24 hingga 48 jam sebelum menstruasi datang.

6. Perubahan mood

Tanda-tanda haid lainnya adalah terjadi perubahan mood atau mood swing. Perubahan mood tersebut, antara lain mudah tersinggung, merasa kesal, mudah menangis tanpa alasan, serta merasa cemas. Namun, tidak perlu khawatir, perubahan mood akan hilang dengan sendirinya saat menstruasi datang.

7. Mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur, seperti tidak bisa tidur meski mengantuk atau merasa lelah, akan terjadi menjelang menstruasi. Meski tidak semua perempuan mengalaminya, namun Anda perlu mengantisipasinya jika hal ini terjadi.

8. Sakit kepala 

Sakit kepala atau migrain adalah gejala yang juga dipicu oleh perubahan hormon pada tubuh atau juga dapat terjadi saat perempuan mengalami ovulasi. Namun, gejala ini dapat berbeda-beda pada setiap perempuan, tergantung kondisi fisik, emosional, atau kesehatan orang tersebut. 

9. Kelelahan 

Merasa lelah meski tidak melakukan aktivitas berat dapat menjadi salah satu tanda menstruasi akan segera tiba. Gejala ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ketidakseimbangan kadar hormon, perubahan mood yang tidak stabil, dan mengalami kesulitan tidur menjelang menstruasi. 

Mengenali tanda-tanda haid sangat penting agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Perlu diingat, ada beberapa hal yang dapat mengubah jadwal menstruasi menjadi lebih cepat, lebih lama, atau bahkan tidak datang sama sekali, yaitu penggunaan pil KB atau IUD, berolahraga yang berlebihan, hamil, stres, adanya polip atau miom pada rahim, serta mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS). Jika Anda mengalami siklus atau tanda-tanda haid yang tidak normal, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout