Blog

menu buka puasa yang banyak diminati

Takjil, Menu Buka Puasa yang Banyak Diminati

Takjil adalah salah satu menu buka puasa yang banyak diminati di Indonesia. Selain bisa melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, takjil juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja menu takjil untuk buka puasa yang direkomendasikan?

Bagi Anda yang ingin menyajikan takjil sebagai menu buka puasa untuk keluarga, pastikan untuk memilih makanan atau minuman yang bergizi untuk menjaga kesehatan Anda selama berpuasa.

Berikut beberapa menu buka puasa yang banyak diminati dan kaya nutrisi:

1. Kolak setup pisang

Kolak setup pisang adalah menu takjil buka puasa yang perlu Anda coba. Menu ini memiliki rasa yang lebih ringan dan bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin atau hangat, karena tidak menggunakan santan seperti jenis kolak pada umumnya. Perpaduan tekstur pisang yang lembut dan rasa manis dan menyegarkan, membuat kolak setup pisang bisa melepaskan dahaga setelah berpuasa seharian.

2. Es sop buah

Menu buka puasa yang banyak diminati di Indonesia lainnya adalah es sop buah. Cara membuatnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 3-4 jenis buah, setelah itu campurkan buah-buahan tersebut ke dalam susu dan sajikan dengan es yang sudah diserut. Selain itu, dengan rasa yang manis dan segar, es sop buah selalu dicari banyak orang saat puasa.

3. Bubur kacang hijau

Menu yang satu ini tentunya sudah sangat populer di Indonesia, tidak terkecuali saat bulan puasa sebagai menu takjil. Tidak hanya memiliki rasa manis dan menyegarkan, bubur kacang hijau juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan saat berpuasa. Kacang hijau mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, folat, dan kalsium, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan. 

4. Kolak biji salak

Menu buka puasa takjil yang wajib dicoba lainnya adalah kolak biji salak. Menu takjil yang juga disebut candil ini memiliki rasa yang enak dan kenyal, sehingga banyak dicari menjelang buka puasa. Kolak biji salak berbahan utama biji salak, lalu dicampur dengan bahan lain, seperti daun pandan dan pisang. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat cocok untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

5. Es pisang ijo

Salah satu efek dalam berpuasa adalah cairan elektrolit yang berkurang di dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga keseimbangan elektrolit saat berpuasa, Anda disarankan untuk berbuka puasa dengan minuman yang sehat dan segar, seperti es pisang ijo, agar kondisi tubuh tetap terjaga. Dengan rasa manis yang menyegarkan, menu takjil yang berasal dari Makassar ini selalu dicari menjelang buka puasa.

6. Es kelapa muda

Tidak hanya nikmat dan menyegarkan, es kelapa muda juga dapat mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan pencernaan, serta menjaga kolesterol. Cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis, yaitu siapkan buah kelapa sebagai bahan utama dan tambahkan pelengkapnya, seperti lemon dan es batu, dałam gelas atau pitcher.

7. Gorengan

Menu takjil yang satu ini adalah salah satu menu buka puasa wajib di Indonesia. Dengan rasa yang gurih dan renyah, gorengan akan semakin nikmat jika dilengkapi dengan teh manis atau kopi. Selain minyak, Anda juga bisa membuat gorengan dengan air fryer agar lebih hemat, sehat, dan kualitasnya terjaga.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout