Suplemen Vitamin B Kompleks Diminum Kapan?

vitamin b kompleks diminum kapan

Suplemen Vitamin B Kompleks Diminum Kapan?

Suplemen vitamin B kompleks diperlukan untuk memenuhi asupan vitamin B harian. Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda perlu mengonsumsinya di waktu yang tepat. Suplemen vitamin B kompleks diminum kapan?

Vitamin B kompleks berperan penting dalam memelihara sel, memelihara fungsi organ otak, serta produksi energi. Lalu, suplemen vitamin B kompleks diminum kapan? Simak penjelasan berikut

Apa itu Vitamin B Kompleks?

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin, meliputi vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folat), dan vitamin B12 (cobalamin). 

Vitamin B kompleks termasuk vitamin yang larut dalam air, sehingga tidak perlu membawanya bersama makanan agar bisa diserap. Anda perlu mengonsumsi vitamin yang larut dalam air secara teratur, karena tidak seperti vitamin yang larut dalam lemak, vitamin ini tidak mudah disimpan di jaringan tubuh Anda. Sebaliknya, kelebihan vitamin yang larut dalam air bisa diekskresikan melalui urine Anda.

Suplemen Vitamin B Kompleks Diminum Kapan?

Semua jenis vitamin B merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Waktu kerjanya pun hanya bertahan selama beberapa jam saja di dalam darah. Untuk mengonsumsi vitamin B, lebih baik dilakukan secara berulang untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks dalam porsi kecil sebanyak 2-3 dosis, yaitu di pagi hari, 30 menit sebelum makan, atau dua jam setelah makan.

Di pasaran, suplemen vitamin B dapat ditemui secara terpisah atau sebagai suplemen B kompleks yang mengandung delapan vitamin B. Seperti halnya vitamin C, waktu terbaik minum vitamin B adalah bisa kapan saja. Karena larut dalam air, Anda bisa minum vitamin B dengan atau tanpa makanan dan kapan saja sepanjang hari.

Namun, ada pendapat, sebaiknya vitamin B dikonsumsi pada pagi hari, karena berperan penting dalam metabolisme nutrisi dan produksi energi. Terlebih lagi, beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi vitamin B saat perut kosong. Misalnya, orang-orang yang kekurangan vitamin B12 dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin ini saat perut kosong dengan air untuk meningkatkan penyerapan maksimal.

Dosis Vitamin B Kompleks yang Tepat

Agar dosisnya tidak berlebihan, berikut dosis vitamin B kompleks yang tepat:

  1. Vitamin B1: 1,2 – 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 0,9 – 1,1 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Vitamin B2: 1,3 – 1,6 miligram untuk pria dewasa dan 1,1 – 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Vitamin B6: 1,4 miligram untuk pria dewasa dan 1,2 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Niasin: 13 – 14 miligram untuk pria dewasa dan 10 – 11 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Asam pantotenat: 5 miligram untuk pria dewasa dan 4 – 5 miligram untuk perempuan dewasa.
  1. Asam folat: 240 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  1. Biotin: 2,14 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.
  1. Vitamin B12: 50 mikrogram untuk pria dan perempuan dewasa.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout