Blog

sakit perut sebelah kiri bawah

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami sakit perut sebelah kiri bawah? Kondisi ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada sistem pencernaan. Namun, bisa juga dipicu oleh adanya masalah yang berhubungan dengan organ reproduksi, kulit, pembuluh darah, dan saluran kemih.

Sakit perut sebelah kiri bawah pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri dan kekakuan pada bagian perut kiri bawah. Jika kondisi ini sering terjadi, maka Anda perlu waspada, bahkan diperlukan penanganan medis. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, berikut beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri bawah.

1. Endometriosis

Kondisi ini terjadi saat jaringan yang melapisi bagian dalam rahim juga tumbuh di luar rahim. Hal ini menyebabkan sakit perut, kram menstruasi yang menyakitkan, rasa sakit saat berhubungan seksual, periode menstruasi yang berat, buang air besar dan buang air kecil yang menyakitkan, dan bercak antara periode menstruasi. Bahkan, jika tidak ditangani dengan baik dapat berisiko menyebabkan kemandulan. 

2. Kram Menstruasi (Dismenore)

Kondisi ini biasanya terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Meski ditandai dengan rasa sakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tapi kondisi ini biasanya tidak berbahaya. Namun, jika Anda mengalami gejala yang bertambah buruk seiring berjalannya waktu, berusia di atas 25 tahun, dan kram mulai bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter.

3. Kista Ovarium

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah lainnya adalah kista ovarium, yaitu kantung berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium. Kista biasanya terbentuk sebagai bagian dari siklus menstruasi normal perempuan. Namun, kista yang berukuran besar dapat menekan kandung kemih dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan lebih sering buang air kecil. Selain itu, kista yang pecah dapat memicu beberapa kondisi serius, seperti pendarahan internal dan sakit parah. Beberapa gejalanya, yaitu sakit dengan demam dan muntah, sakit perut yang parah, kulit dingin dan lembap, pernapasan cepat, pusing, dan lemah.

4. Kehamilan Ektopik

Kondisi ini disebabkan oleh sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya sendiri sebelum mencapai rahim. Hal ini terjadi di dalam tuba falopi yang menghubungkan ovarium ke uterus. Meski ada yang tidak mengalami gejala sama sekali, namun ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai, seperti sakit perut, terlambat menstruasi, tidak nyaman saat buang air kecil atau besar, pendarahan pada vagina, dan nyeri bahu di ujung.

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Penanganan sakit perut sebelah kiri bawah perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, jika kondisi Anda termasuk ringan, pada umumnya dapat diatasi dengan beberapa cara berikut:

  • Mengompres perut dengan handuk yang telah direndam air hangat.
  • Menghindari makanan pedas, asam, dan berlemak.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol, berkafein, dan soda.
  • Mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit, namun sering. Selain itu, pilih makanan yang bertekstur lembut.
  • Mengunyah makanan secara perlahan.
  • Mengonsumsi obat-obatan, seperti antasida atau pereda asam, obat simethicon, obat pencahar atau pelunak tinja, dan loperamide atau bismuth subsalicylate. Hindari obat antiinflamasi nonsteroid, seperti aspirin dan ibuprofen, karena dapat menyebabkan iritasi lambung.

Perlu diingat, meski sakitnya mereda karena telah mengonsumsi obat, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout