Blog

rebusan daun apa untuk menurunkan kolesterol

Rekomendasi Rebusan Daun untuk Menurunkan Kolesterol

Ada beragam cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, rebusan daun tertentu bisa menjadi pilihan. Rebusan daun apa saja yang efektif menurunkan kolesterol tinggi?

Meski obat herbal bisa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, namun Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter agar terhindar dari efek samping yang serius. Lalu, rebusan daun apa saja yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi? Berikut informasi selengkapnya.

Beragam Rebusan Daun yang Efektif Turunkan Kolesterol Tinggi 

Berikut beragam bahan alami yang bisa dikonsumsi rebusannya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi:

1. Daun alpukat

Dikutip dari penelitian dengan judul “Combination Effect of the Extract of Avocado Leaf and Seed on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice with Hypercholesterolemia” pada 2019, air rebusan daun alpukat ampuh mengurangi kadar kolesterol tinggi. Dalam penelitian tersebut, tikus hiperkolesterolemia diberikan ekstrak daun alpukat dan biji alpukat. Hasilnya, ekstrak daun alpukat dan biji alpukat terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

2. Daun kelor

Rebusan daun yang efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi lainnya adalah daun kelor. Beberapa penelitian juga membuktikan efektivitas daun kelor untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Selain rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol berbahaya, daun kelor kaya akan beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, misalnya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, folat, fosfor, dan magnesium.

3. Daun sirsak

Penelitian menemukan adanya kaitan antara konsumsi air rebusan daun sirsak dengan penurunan kadar kolesterol tinggi yang signifikan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian berjudul Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan pada 2016 dengan hasil yang menunjukkan efektivitas air daun sirsak untuk mengontrol kolesterol darah dan berat badan. Efek kandungan flavonoid pada air daun sirsak bahkan menyerupai obat penurun kolesterol, yaitu, simvastatin, yang berfungsi untuk mencegah enzim HMG CoA reduktase, mirip dengan cara kerja simvastatin dalam mengurangi kadar kolesterol tinggi.

4. Daun salam

Air rebusan daun salam ternyata bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Penelitian di Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menunjukkan bahwa air rebusan daun salam ampuh menurunkan glukosa serum, kolesterol jahat, trigliserida, kolesterol total, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL pada pengidap diabetes tipe 2. Selain itu, zat-zat di daun salam bersifat antidiabetik, antioksidan, antikolesterol, antitumor, dan antihypertensive.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Selain mengonsumsi air rebusan daun di atas, berikut beragam cara menurunkan kadar kolesterol secara alami yang bisa Anda terapkan:

  • Meningkatkan asupan serat, misalnya buah-buahan, gandum utuh, sayuran, dan kacang-kacangan.
  • Meningkatkan asupan lemak sehat, misalnya sarden, makarel, dan ikan salmon.
  • Membatasi makanan dan minuman tinggi gula, misalnya kue, selai, saus botolan, minuman bersoda, es kopi susu, dan es teh manis.
  • Membatasi makanan tinggi lemak jenuh dan lemak trans, misalnya gorengan, makanan cepat saji, dan makanan manis.
  • Rutin berolahraga, misalnya berenang, bersepeda, dan jogging.
  • Membasi konsumsi alkohol.
  • Berhenti merokok.
  • Mengelola stres dengan tepat, misalnya meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout