Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Diet yang Bergizi dan Mengenyangkan

makan malam untuk diet

Rekomendasi Menu Makan Malam untuk Diet yang Bergizi dan Mengenyangkan

Banyak yang menganggap bahwa makan malam saat diet bisa meningkatkan berat badan, padahal tidak sepenuhnya benar. Ketahui beberapa rekomendasi menu makan malam untuk diet yang bergizi dan mengenyangkan.

Selain sarapan dan makan siang, Anda dianjurkan untuk makan malam saat diet. Namun, Anda perlu memilih menu makan malam yang tepat agar berat badan tidak naik. Berikut beragam pilihan menu makan malam bergizi dan mengenyangkan yang bisa Anda coba.

Daftar Menu Makan Malam untuk Diet yang Bergizi

Berikut beberapa menu makan malam yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat diet:

1. Dada ayam

Selain lezat, dada ayam tinggi protein yang memberikan efek kenyang dan mengurangi nafsu makan berlebihan. Dada ayam juga rendah kalori dan lemak, serta efektif mencegah rasa lapar, sehingga mendukung program penurunan berat badan Anda.

2. Telur

Telur adalah menu makan malam yang direkomendasikan lainnya. Penelitian menemukan bahwa kandungan protein pada telur efektif mempercepat penurunan berat badan. Untuk mengurangi jumlah kalorinya, Anda sebaiknya mengonsumsi putih telurnya saja.

3. Kentang kukus

Kandungan nutrisi yang lengkap pada kentang, misalnya serat, vitamin, mineral, dan karbohidrat, menjadikannya salah satu menu makan malam yang tepat. Konsumsi kentang kukus secara rutin agar berat badan terkontrol. Namun, hindari mengonsumsi kentang goreng, karena tinggi lemak jahat yang bisa meningkatkan berat badan.

4. Salmon 

Salmon tinggi protein dan asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan dan baik dikonsumsi saat diet. Protein efektif mengenyangkan lebih lama, sedangkan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk mengurangi lemak di perut.

5. Kacang merah

Kacang merah juga bisa menjadi menu makan malam yang sehat dan bergizi. Kacang merah tinggi serat dan protein yang efektif mengenyangkan lebih lama, sehingga ampuh mengontrol dan menurunkan berat badan.

6. Alpukat 

Selain tinggi lemak baik, alpukat tinggi serat yang bisa memberikan efek kenyang, sehingga mengurangi nafsu makan atau ngemil berlebih. Oleh karena itu, konsumsi alpukat secara rutin agar berat badan Anda cepat turun.

7. Greek yoghurt

Greek yoghurt adalah menu makan malam yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini tinggi protein dan kalsium yang efektif mengenyangkan lebih lama dan menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selain makan malam, greek yoghurt bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk diet.

Pemilihan menu makan malam saat diet yang tepat memang penting. Namun, agar diet lebih optimal, Anda dianjurkan untuk makan lebih banyak saat sarapan dan makan siang, namun lebih sedikit saat makan  malam. Selain menu makan malam di atas, ada beragam menu makan malam yang sehat dan mengenyangkan lainnya. Intinya, saat diet, Anda dianjurkan untuk makan malam dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat, rendah lemak, dan rendak kalori. Hindari makanan yang digoreng, karena justru memicu kenaikan berat badan.

Jika Anda masih ada pertanyaan mengenai menu makan malam untuk diet atau program penurunan berat badan yang sehat, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis dan porsi makanan yang sesuai dengan kondisi dan kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout