Posisi Tidur yang Aman Saat Asam Lambung Naik

Gangguan tidur- jenis, penyebab, dan penanganannya

Posisi Tidur yang Aman Saat Asam Lambung Naik

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Penyakit asam lambung adalah sensasi terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Asam lambung naik umumnya terjadi di malam hari ketika penderitanya tidur dengan posisi yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan posisi tidur yang aman saat asam lambung naik agar tidak semakin parah.

Ketika tidur, gravitasi tidak bisa menurunkan asam lambung, sehingga asam naik kembali ke kerongkongan. Untuk mengurangi gejalanya, berikut beberapa posisi tidur saat asam lambung naik yang direkomendasikan.

Posisi Tidur yang Aman Saat Asam Lambung Naik

Menerapkan posisi tidur yang tepat penting untuk mengurangi gejala dan tingkat keparahan asam lambung naik. Berikut beberapa posisi tidur yang aman saat asam lambung naik:

  1. Meninggikan kepala

Posisi kepala yang lebih tinggi dari lambung bermanfaat untuk mengurangi asam lambung naik. Caranya, tempatkan 1-2 bantal untuk menyangga kepala dan tubuh bagian atas. Posisi tubuh yang tegak memungkinkan gravitasi untuk mencegah isi lambung naik ke kerongkongan. Dengan begitu, refluks asam bisa dicegah dan Anda bisa tidur nyenyak.

2. Miring ke kiri

Penelitian yang dipublikasikan di The American Journal of Gastroenterology pada 2022 menemukan bahwa miring ke kiri adalah posisi yang aman untuk penderita asam lambung. Penelitian tersebut memantau penderita maag kronis yang tidur dalam posisi kiri, kanan, dan telentang. Hasilnya, gejala GERD yang dialami oleh penderita berkurang ketika tidur di sisi kiri. Hal ini dikarenakan posisi miring memungkinkan sfingter esofagus bagian bawah tetap tegak, sehingga asam lambung naik bisa dicegah.

3. Hindari tidur telentang

Telentang adalah posisi yang perlu dihindari untuk mencegah kekambuhan asam lambung naik. Posisi telentang menyebabkan saluran pencernaan berada di posisi horisontal, sehingga gravitasi tidak bisa mencegah aliran isi lambung, sehingga asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut menimbulkan gejala berupa terbakar di dada (heartburn) dan ketidaknyamanan di bagian atas perut.

Tips Tidur yang Nyaman Saat Asam Lambung Naik

Selain menerapkan posisi tidur yang aman untuk asam lambung, berikut beragam cara mengatasi sulit tidur saat asam lambung naik:

  • Hindari makan sebelum tidur. Untuk mengurangi risiko asam lambung naik saat tidur, Anda perlu menerapkan pola makan teratur dan menghindari makan sebelum tidur.
  • Hindari mengonsumsi makanan berlemak dan minuman berkafein setidaknya 4 jam sebelu tidur. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperparah asam lambung naik saat tidur di malam hari.
  • Memakai pakaian yang longgar. Pakaian ketat berisiko menekan perut dan meningkatkan tekanan pada lambung, sehingga berisiko memperparah gejala. Oleh karena itu, kenakan pakaian longgar agar gejala asam lambung terkontrol
  • Mengelola stres dengan tepat. Stres bisa meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol, sehingga bisa memperparah gejala. Untuk mengurangi gejala, kelola stres dengan tepat, misalnya teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.

Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil Saat Asam Lambung Naik

Posisi tidur yang aman juga penting diterapkan oleh ibu hamil untuk mencegah gangguan akibat asam lambung naik. Berikut beberapa posisi tidur yang direkomendasikan untuk ibu hamil agar bisa menjalani kehamilan dengan aman dan nyaman:

1. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Posisi ini dianjurkan untuk ibu hamil untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan yang bisa menimbulkan mual. Caranya, tempatkan beberapa bantal di bawah kepala agar posisi kepala lebih tinggi dari lambung, sehingga ibu hamil bisa tidur dengan nyaman.

2. Tidur dengan posisi miring ke kiri

Posisi tidur yang aman untuk mencegah asam lambung naik saat hamil lainnya adalah miring ke kiri. Posisi ini dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan secara efektif. Selain itu, miring ke kiri bermanfaat untuk melancarkan aliran darah ke janin, serta mencegah tekanan pada ginjal dan hati pada ibu hamil.

3. Tidur dengan posisi bersandar

Tidur dengan posisi bersandar juga bisa menjadi pilihan untuk mencegah asam lambung naik saat hamil. Posisi ini dapat mengurangi gejala maag dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Ibu hami bisa menerapkannya di tempat tidur dengan bantal sebagai sandaran atau kursi malas. 

Tidak hanya menerapkan posisi tidur yang aman saat hamil, ibu hamil dianjurkan untuk menghindari posisi tidur yang bisa menyebabkan asam lambung naik, misalnya telentang. Tidur dengan posisi telentang membuat perut dan kerongkongan berada dalam posisi yang sejajar, sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Selain itu, ibu hamil perlu menghindari posisi tidur miring ke kanan. Hal ini dikarenakan posisi miring ke kanan menyebabkan katup otot di kerongkongan melonggar, sehingga meningkatkan risiko asam lambung naik ke kerongkongan.

Tips Mencegah Asam Lambung Naik Saat Hamil

Agar pencegaha asam lambung naik saat hamil efektif, ibu hamil bisa menerapkan cara-cara berikut:

  • Mengenakan pakaian yang longgar.
  • Mengunyah permen karet.
  • Mengonsumsi air jahe hangat.
  • Menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, misalnya sayuran, seperti asparagus, brokoli, atau sayuran berdaun hijau.
  • Tidak mengonsumsi makanan pedas.
  • Tidak mengonsumsi makanan buah yang asam untuk mencegah iritasi lambung, misalnya mangga mengkel atau tomat.
  • Konsumsi buah-buahan yang aman untuk asam lambung, misalnya pisang, melon, dan pir.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein, dan minuman bersoda.
  • Tidak langsung berbaring setelah makan.
  • Makan dengan porsi kecil dan mengunyah secara perlahan.
  • Konsumsi obat antasida sesuai anjuran dokter atau mengikuti aturan penggunaan di label kemasan obat.

Pola hidup sehat adalah kunci mencegah asam lambung naik saat hamil yang efektif. Oleh karena itu, terapkan posisi tidur yang aman di atas, serta tips mencegah asam lambung naik agar kehamilan tetap sehat dan perkembangan janin optimal. 

Jika ibu hamil sudah menerapkan posisi tidur yang aman dan tips mencegah asam lambung naik di atas, namun keluhan yang dialami tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah dan disertai dengan keluhan-keluhan yang menimbulkan ketidaknyamanan selama kehamilan, segera ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai kondisi ibu hamil, serta memastikan kesehatan bumil dan janin terjaga, sehingga risiko komplikasi kehamilan bisa dicegah.

Share this post

Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout