Blog

Pilihan Obat Flu dan Batuk Anak Alami

Pilihan Obat Flu dan Batuk Anak Alami

Flu dan batuk merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami anak-anak. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau alergi. Namun, Anda tidak boleh sembarangan memberi obat pada anak usia di bawah enam tahun. Oleh karena itu, obat flu dan batuk anak alami bisa menjadi alternatif.

Pemberian obat pada anak usia di bawah enam tahun perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebagai pertolongan awal, Anda bisa menggunakan obat flu dan batuk anak alami yang lebih aman berikut.

Berikut beberapa obat flu dan batuk anak alami yang praktis dan bisa dilakukan di rumah:

1. Cukupi cairan tubuh anak

Ketika anak demam, pastikan untuk mencukupi cairan tubuhnya setiap hari. Cairan yang tercukupi dalam tubuh bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan. Beberapa cairan yang dianjurkan, antara lain air putih hangat, kaldu ayam, wedang hangat, atau perasan lemon. Namun, hindari memberikan anak minuman berkafein, seperti teh, karena bisa membuatnya lebih sering buang air kecil.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu anak menghirup uap hangat. Cara ini bermanfaat untuk melegakan napas yang tersumbat akibat lendir, sehingga anak lebih tenang dan nyaman sebelum tidur. Namun, jangan mandikan anak terlalu lama, karena justru bisa memperparah demam.

3. Semprotan hidung atau larutan garam

Obat flu dan batuk anak alami lainnya adalah semprotan hidung atau larutan garam. Cara ini dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat pernapasan, sehingga bisa membuat anak lebih nyaman. 

Meski demikian, semprotan hidung biasanya tidak disukai anak, karena membuat mereka tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa melatih anak usia 6 tahun untuk belajar berkumur dengan air hangat yang dicampur sedikit garam.

4. Minyak hangat

Minyak hangat juga bisa menjadi pilihan obat flu dan batuk anak yang efektif. Anda bisa menggunakan balsam anak atau gel menthol untuk menenangkan tubuh anak tanpa menimbulkan iritasi. 

Caranya, oleskan minyak hangat pada area leher dan dada. Namun, Anda dianjurkan untuk mengoleskannya terlebih dahulu ke lengan anak. Jika tidak menimbulkan efek samping atau reaksi alergi, Anda bisa mengoleskannya ke bagian tubuh lain.

5. Madu

Madu bisa menjadi cara mengobati flu dan batuk anak usia satu tahun ke atas yang bisa Anda coba. Agar lebih efektif, Anda bisa mencampurkan madu, lemon, dan jahe. Namun, jangan berikan madu kepada anak yang belum berusia satu tahun, karena bisa berisiko keracunan.

Flu dan batuk anak biasanya mereda setelah diberikan berbagai obat alami di atas. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi dan istirahat yang cukup untuk mempercepat pemulihan.

Jika Anda sudah mencoba berbagai obat flu dan batuk alami di atas, namun flu dan batuk anak tidak kunjung sembuh, sebaiknya bawa ke dokter untuk diperiksa secara menyeluruh, sehingga bisa diobati secara tepat. 

Selain itu, jika anak menunjukkan beberapa gejala, seperti badan lemas, muntah-muntah, demam yang berlangsung lebih dari tiga hari, dan sesak napas, segera hubungi dokter agar bisa ditangani sesuai kondisinya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout