Blog

Pilihan Obat Demam Anak Alami: Jahe Hingga Air Kelapa

Pilihan Obat Demam Anak Alami: Jahe Hingga Air Kelapa

Demam merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang anak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti menggigil dan keringat dingin. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan obat demam anak alami.

Demam pada anak bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti daya tahan tubuh yang lemah saat musim hujan atau infeksi virus dan bakteri. Untuk mengurangi gejalanya, Anda bisa menggunakan beberapa obat demam anak alami berikut.

Untuk mengobati demam anak, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. Berikut di antaranya:

1. Jahe

Sifat antibakteri yang dimiliki jahe berfungsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk demam, batuk, dan pilek pada anak secara efektif. Untuk mendapatkan manfaat jahe, Anda bisa membuatnya sebagai teh jahe, kemudian berikan kepada anak. 

Selain itu, Anda bisa membuat minuman hangat yang ditambah dengan irisan jahe. Minuman tersebut dapat membantu anak berkeringat dan membantu melawan racun pada tubuh. Agar rasanya lebih nikmat, coba campurkan teh atau minuman jahe dengan madu.

2. Bawang merah

Tidak hanya berfungsi untuk menyedapkan masakan, bawang merah juga dapat membantu meredakan demam pada anak dan meredakan rasa nyeri ketika demam. 

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat demam anak alami, Anda bisa mencampurkan irisan bawang merah dengan minyak kayu putih. Setelah itu, aplikasikan pada tubuh anak. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari. Selain menurunkan suhu tubuh, bawang merah juga dapat membuat tubuh anak terasa lebih nyaman.

3. Chamomile

Anda juga bisa mencoba teh chamomile sebagai obat demam anak alami lainnya. Teh chamomile bisa didapatkan secara mudah di toko obat herbal atau bisa dikonsumsi secara langsung sebagai teh. Caranya, siapkan daun teh chamomile dan segelas air hangat, lalu rebus air dan masukkan daun teh chamomile, diamkan selama 1 menit. Tambahkan madu agar lebih nikmat. 

Agar hasilnya optimal, berikan teh chamomile kepada anak sebanyak dua kali sehari. Teh chamomile dinilai memiliki rasa yang mudah dicerna anak, sehingga efektif mempercepat penyembuhan demam pada anak.

4. Lemon dan madu

Kombinasi lemon dan madu berkhasiat untuk menurunkan suhu tubuh anak ketika demam. Selain itu, lemon dan madu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga bisa melawan infeksi berbagai penyakit. Caranya, siapkan 1 sdm madu dan 1 sdm jus lemon, kemudian campurkan keduanya hingga merata. Berikan kepada anak untuk mempercepat penyembuhan demam.

Selain berkhasiat mengatasi demam, lemon dan madu juga memiliki rasa yang menyegarkan tubuh, sehingga bisa dinikmati anak dengan lebih mudah. Namun, hindari memberikan madu kepada anak usia di bawah 1 tahun untuk mencegah risiko terjadinya botulisme. Agar lebih aman, pastikan anak berusia di atas 1 tahun ketika diberikan minuman ini.

5. Air kelapa

Obat demam anak alami lainnya adalah air kelapa. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, kandungan elektrolit, vitamin, dan mineral dalam air kelapa berfungsi untuk membantu tubuh anak tetap terhidrasi ketika demam. Berikan air kelapa kepada anak secara rutin untuk mempercepat penyembuhannya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout