Perkembangan Bayi 4 Bulan, Stimulasi Apa yang Tepat?

perkembangan bayi 4 bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Stimulasi Apa yang Tepat?

Perkembangan bayi 4 bulan cukup menakjubkan untuk diamati. Bayi 4 bulan pada umumnya sudah mulai berceloteh satu atau dua patah kata. Selain itu, mereka juga sudah bisa berguling dari posisi tengkurap ke telentang dan sebaliknya.

Perkembangan bayi 4 bulan yang cukup pesat didukung oleh berat badan dan panjang bayi yang bertambah dua kali lipat dibandingkan saat dilahirkan. Agar bayi Anda dapat berkembang secara optimal, kenali beberapa perkembangan bayi 4 bulan berikut:

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Memasuki usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa menangkap dan membentuk kata-kata yang sering ia dengar. Meski belum bisa memahami kata-kata tersebut sebagai nama benda atau panggilan orang lain, namun ia tetap berusaha mengucapkan kata-kata tersebut secara terus menerus. Apa saja perkembangan lain yang perlu diketahui? Berikut beberapa di antaranya:

1. Kemampuan motorik

Untuk mendukung perkembangan motorik bayi di usia ini, Anda bisa menyediakan kursi goyang khusus bayi sebagai sarana bermain yang tepat untuknya. Mainan yang tergantung di atasnya juga dapat menjadi alat untuk mengembangkan koordinasi tangan dan matanya. Selain itu, perkembangan bayi yang berusia 4 bulan juga termasuk beberapa kemampuan berikut:

  • Mulai mencoba untuk duduk dengan bantuan orang tua atau anggota keluarga lainnya. Hal ini dikarenakan tulang belakangnya yang cukup kuat.
  • Mampu menggulingkan badan dari posisi telentang ke tengkurap dan sebaliknya.
  • Mampu meraih benda yang menarik perhatiannya. Hal ini dikarenakan koordinasi tangan dan penglihatannya terus meningkat.
  • Mampu menegakkan kepala dan pundak saat diangkat dari tempat tidur dan digendong.
  • Matanya dapat mengikuti pergerakan dan perpindahan orang atau benda dari satu tempat ke tempat lain.
  • Saat posisi berdiri, kakinya dapat menjejak lantai, meski belum dapat berjalan secara sempurna.

Dengan perkembangan motorik yang semakin baik, maka bayi 4 bulan mulai aktif bergerak. Oleh karena itu, pastikan bayi berguling di tempat tidur atau permukaan yang aman, atau tempatkan pengaman di sekitarnya seperti tumpukan bantal agar ia tidak terjatuh.

2. Kemampuan bicara

Perkembangan bayi 4 bulan lainnya adalah mulai dapat menirukan suara yang ia dengar dengan memperhatikan pergerakan bibir saat orang lain bicara. Vokal ‘a’ adalah huruf yang paling sering diucapkan bayi terlebih dahulu, terutama saat ia mulai bisa berceloteh. Selain itu, ia juga mulai menyukai kemampuannya membuat berbagai bunyi dan mendengar suara itu di telinganya sendiri. Untuk menstimulasi kemampuannya, Anda bisa mengajaknya berkomunikasi dengan mengucapkan kata-kata sederhana, seperi ‘mama’ dan ‘papa’. Anda juga perlu segera merespons saat bayi mengucapkan sesuatu. Hal ini bertujuan agar ia semakin yakin untuk mengucapkan kata-kata lebih banyak.

3. Kemampuan sosial

Mampu tersenyum secara spontan kepada orang yang menarik perhatiannya juga salah satu perkembangan bayi 4 bulan yang terlihat jelas. Selain itu, ia juga sudah mampu melakukan hal-hal berikut:

  • Mulai dapat tertawa saat melihat sesuatu yang dianggapnya lucu dan menarik.
  • Mampu menirukan ekspresi wajah orang dewasa yang tersenyum lebar atau cemberut. 
  • Meski komunikasinya masih melalui tangisan, namun suaranya mulai terdengar berbeda sesuai dengan kebutuhan, misalnya saat lapar, lelah, atau sakit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout